Aspal Runway Terkelupas, Penerbangan Bandara APT Pranoto Dialihkan ke Balikpapan

Jakarta, airmagz.com – Kerusakan pada taxiway atau jalur menuju apron tempat parkir pesawat dari landasan pacu alias runway Rabu (2/10/2019) kemarin membuat Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APTP) Samarinda melakukan prosedur close runway.

Dampaknya, beberapa penerbangan bandara dengan letter code AAP ini dialihkan atau divert ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpapan. “Penerbangan dialihkan ke Balikpapan (divert) dikarenakan adanya pengerjaan taxiway di AAP. Seluruh penumpang dalam proses penanganan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata UPBU APTP Dodi Dharma Cahyadi..

Aspal taxiway diketahui terkelupas. Pihak UPBU langsung berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim. “Kami koordinasi dengan Dishub dan pelaksana kegiatan yakni PT Waskita Karya untuk segera melaksanakan perbaikan,” sebutnya lagi.

Ia berharap, kerusakan ini segera teratasi agar kegiatan penerbangan tak terganggu lama. “Harus selesai secepatnya,” kata Dodi lagi.

Beberapa penerbangan yang terdampak diantaranya Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6646 – ID6693 tujuan Denpasar, lalu Batik Air dengan nomor penerbangan ID6670 – ID6673 tujuan Jakarta, serta Batik air dengan nomor penerbangan ID 6672 tujuan Jakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong mengaku pihaknya langsung berkoordinasi dengan PT Waskita Karya untuk segera dilakukan perbaikan. “Kontraktor sudah menambal aspal yang terkelupas,” jelas Salman

Pihaknya akan meminta kontraktor lebih maksimal dalam melakukan pekerjaan perbaikan. Pasalnya, kerusakan serupa pernah terjadi di lokasi titik taxiway yang tak jauh dari titik kerusakan saat ini. “Pengamatan harus lebih cermat lagi, melihat potensi kerusakan aspal. Apalagi sekarang sudah hujan,” jelas Salman. (IMN/KoranKaltim.com)

Share :
You might also like