Keren! Ini Dia Bandara Yang Dibangun di Atas Tanah Reklamasi

Jakarta, airmagz.com – Kelangkaan tanah kadang menjadi masalah bagi sejumlah daerah untuk membuat bandara. Oleh sebab itu, mereklamasi tanah menjadi sebuah pulau menjadi salah satu opsi.

Sejumlah negara di dunia pun diketahui memiliki bandara yang dibangun di atas tanah reklamasi. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (14/9/2017), inilah beberapa bandara dunia yang dibangun di atas tanah reklamasi :

1. Kansai International Airport 

Foto : japantimes.co.jp

Bandara yang dibangun di atas tanah reklamasi pertama dapat dijumpai oleh traveler di Osaka, Jepang. Kurangnya lahan di Osaka membuat pemerintah berinisiatif menimbun pulau di Teluk Osaka, dimulai pada tahun 1897.

Sayangnya, masalah perubahan iklum hingga gempa bumi menjadi momok dari bandara ini. Jika tidak ditanggulangi, bukan tidak mungkin kalau bandara ini akan tenggelam puluhan tahun mendatang.

2. Hongkong International Airport 

Foto : Youtube.com

Setelah dipindahkan dari pusat kota yang padat, kini bandara Hong Kong yang baru dibangun di atas tanah reklamasi. Hal itu dilakukan, mengingat kurangnya lahan untuk bandara di pusat kota.

Dimulai tahun 1991, pembangunan Bandara Hong Kong menyatukan dua pulau kecil bersama dengan tanah reklamasi. Hasilnya adalah bandara baru Hong Kong yang dipakai kini.

3. Macau International Airport 

Foto : macau-airport.com

Seperti saudaranya Hong Kong, Bandara Makau juga dibangun di atas tanah reklamasi. Kurangnya lahan dan padatnya pemukiman di Makau membuat Pemerintah setempat menimbun tanah untuk lahan bandara.

Walau landasannya dibangun di atas tanah reklamasi, sejumlah menara kontrol dan terminal utama ada di Pulau Taipa yang dihubungkan dengan lahan reklamasi. (IMN/Detik.com/IGfaktapenerbangan)

Share :