Bandara YIA Akan Tambah 140 Penerbangan

Jakarta, airmagz.com – Jumlah penumpang di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) per harinya kini sudah menembus angka 2.000 penumpang. Jumlah ini jauh dari target awal yang ditetapkan.

“YIA sekarang semakin ramai. Okupansinya sudah 2.000 orang dari target 600 orang per hari,” kata Plt General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, Minggu (6/10/2019).

Bandara YIA yang terletak di Kabupaten Kulonprogo, DIY, ini sudah mulai beroperasi sejak Mei 2019. Selama operasional, pembangunan terus dikebut untuk mengejar target akhir tahun selesai dan beroperasional penuh. “Progress (pembangunan) sekarang sudah 85 persen, akhir tahun harus selesai,” ujar dia.

Hingga awal Oktober ini, kata dia, sudah ada 30 flight di Bandara YIA. Maskapai yang melayani juga sudah bervariasi, antara lain Lion Air, Lion Air, Batik Air, Citilink, hingga AirAsia dan Garuda.

Bahkan Garuda yang membuka penerbangan pertama pada Jumat (4/10/2019) menggunakan pesawat berbadan lebar jenis Boeing A330 seri 200. Pandu pun optimis bila Bandara YIA semakin maju.

“Akhir tahun nanti, setidaknya ada 140 penerbangan dari bandara Adisutjipto yang akan dipindah ke YIA. Sebelum natal dan tahun baru, kita sudah pindahkan,” katanya.

Khusus untuk penerbangan internasional, ditargetkan pada awal 2020 mulai beroperasi. Setidaknya butuh dua bulan untuk menyiapkan sarana pendukung baik karantina, bea cukai dan beberapa lembaga terkait lainnya.

“Lantai tiga untuk penerbangan domestik. Sedangkan yang dipakai saat ini untuk internasional,” ujar Pandu

PT Angkasa Pura juga terus berkoordinasi dengan PT KAI untuk menambah perlintasan yang berhenti di Stasiun Wojo. Termasuk dengan armada taksi dan kelompok angkutan khusus bandara lainnya. (IMN/SindoNews.com)

Share :
You might also like