Bandara Radin Inten II Bakal Layani Penerbangan Umrah

Jakarta, airmagz.com – Bandara Radin Inten II Provinsi Lampung bersiap untuk melakukan penerbangan bagi jamaah haji dan umroh dari Lampung menuju Tanah Suci Mekkah.

Persiapan fasilitas dan kelayakan Bandara telah siap melayani penerbagangan internasional. Terlebih Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terus bersemangat untuk mewujudkan embarkasi haji langsung dari Lampung menuju Arab Saudi

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Radin Inten II Provinsi Lampung, Asep Kosasih Samapta mengatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk melakukan penerbangan dari Bandar Udara Radin Intan ketanah suci bagi jamaah umroh. Ia mengatakan bahwa target penerbangan perdana akan dilaksanakan pada bulan November ini.

“Target Gubernur Lampung terbang perdana pada minggu ketiga atau keempat bulan November ini. Kita juga sudah prepare hal itu,” katanya kepada Lampost.co, Minggu, 6 Oktober 2019.

Kemudian ia mengatakan bahwa rencananya untuk penerbangan perdana akan dilakukan bebarengan dengan Program Umroh dari Gubernur Lampung bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Rencananya awal penerbangan bareng program Pemda yang akan mengumrohkan PNS. Untuk pesawatnya rencana menggunakan Citilink. Biasanya ada tecknical transit juga dari Citilink. Dari Lampung transit di India, tapi terserah Citilink,” katanya.

Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 166 Tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional pada 26 Agustus 2019. Embarkasi langsung Lampung-Arab Saudi akan menekan biaya perjalanan umrah menjadi lebih murah.

Dari catatan Unit Penerbangan Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Lampung, setiap tahun setidaknya 16 ribu jemaah umrah berangkat dari Lampung. Dengan adanya penerbangan langsung umrah dan haji, akan meyakinkan internasional bahwa Lampung mampu menangani penerbangan internasional.

“Persiapan bandara insyallah ready. Kita sudah siap. Kita juga mensuport program Pak Gubernur Lampung yang ingin langsung terbang ketanah suci. Untuk umroh tidak harus mengunakan pesawat besar, bisa menggunakan A320 atau 737 series,” katanya. (IMN/Lampost.co)

Share :
You might also like