Urusan Taxiway Selesai, Bandara APT Pranoto Punya Masalah Baru

Jakarta, airmagz.com – Setelah ditutup selama dua hari karena mengalami kerusakan pada taxiway, Selasa (8/10/2019), Bandara Aji Pangeran Tumenggung atau Bandara APT Pranoto Samarinda kembali dibuka.

Dengan status masih tahap pemeliharaan, pengerjaan penambalan landasan taxiway yang mengalami lendutan dan keretakan di beberapa titik telah selesai dilakukan oleh Kerja Sama Operasi (KSO) PT Waskita Karya.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto, Dodi Dharma Cahyadi melalui Kasi Pelayanan dan Operasi Bandar Udara UPBU APT Pranoto, Rora Ardian mengungkapkan, saat ini Bandara APT Pranoto sudah dibuka.

“Hari ini, mulai pukul 07.00 WITA, sesuai jam operasional Bandara APT Pranoto kembali beroperasional normal,” ujarnya saat dihubungi awak Tribunkaltim.co melalui telepon selularnya, pada Selasa (8/10/2019), pagi.

“Perbaikan dan pengecekan daerah sisi udara, khususnya taxiway sudah siap untuk dilintasi oleh pesawat terbang yang datang atau berangkat dari Bandara APT Pranoto.

Semoga, semuanya berjalan aman dan lancar,” lanjutnya.

Namun, dibeberkan Rora, persoalan lainnya yang membuat kelancaran penerbangan terganggu bukan lagi masalah taxiway.

Akan tetapi, dibeberkan olehnya, jarak pandang saat ini di Bandara APT Pranoto hanya 800 meter.

“Jarak pandang saat ini dibawah standar untuk penerbangan.

Hanya berjarak 800 meter saja. Secara operasional dan aturan penerbangan sipil (Visual flight rules), di Bandara APT Pranoto minimal 5.000 meter,” tuturnya.

Akibatnya, disampaikan Rora, otoritas penerbangan tidak mengizinkan penerbangan dari Bandara APT Pranoto.

Pasalnya, dituturkan Rira, jarak pandang serendah itu tidak aman untuk peswat terbang melakukan penerbangan.

“Jarak pandang masih minim, dan tidak diizinkan juga untuk melakukan penerbangan.

Sebab, jarak pandang hanya 800 meter itu tidak aman untuk operasi penerbangan. Jadi sementara ini, aktifitas penerbangan di Bandara APT Pranoto menunggu arahan selanjutnya,” pungkasnya. (IMN/Tribunnews.com)

Share :
You might also like