Ini Dia Garbarata Pesawat Ganda Pertama di Dunia

Jakarta, airmagz.com – Bandara Schiphol Amsterdam bekerjasama dengan KLM Royal Dutch Airlines memberlakukan jetway (garbarata) ganda otomatis pertama di dunia, pada Selasa (24/9/2019). Ini merupakan inovasi baru yang memungkinkan jetway ganda terhubung otomatis ke pesawat dalam 1 menit.

Penumpang akan turun lebih cepat dan dapat mempersingkat waktu antara kedatangan dan keberangkatan pesawat. Ini juga mengurangi risiko kegagalan fungsi atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan operator.

Diakui General Manager South East Asia & Oceania Air France KLM, Gijs van Popta, pihaknya telah bekerjasama dengan mitra SkyTeam dan akan mengoperasikan jetway ini otomatis. KLM akan menguji jetway sebagai bagian dari operasi bandara Schiphol hingga akhir 2019.

Jetway ganda ini dilengkapi dengan teknologi pintar, termasuk kamera di jembatan yang mengenali pintu pesawat terbang. Kemudian ada sensor yang membantu menghubungkan ke pintu pesawat.

“Jembatan ini merupakan sebuah inovasi hebat dan ini akan membuat perubahan yang nyata,” kata Gijs kepada Kompas.com saat jumpa pers Pameran KLM 100 Years – Celebrate the Future, Jumat (4/10/2019).

KLM bangga telah berkontribusi dalam pengembangan jembatan jetway ganda pertama di dunia. Lanjut Gijs, semua ini untuk memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. KLM akan merayakan ulang tahun ke-100 pada 7 Oktober 2019.

Untuk menyambut perayaan itu, KLM menggelar pameran bertajuk ‘KLM 100 Years – Celebrate the Future’ di Jakarta selama 2 hari, yaitu 5 dan 7 Oktober. Pameran diadakan di Erasmus Huis, Pusat Kebudayaan Belanda, Jalan H.R. Rasuna Said Kav S-3, Jakarta Selatan. Pameran ini terbuka untuk umum pada Sabtu, 5 Oktober 2019 pukul 10.00 hingga 16.00 WIB, dan Senin, 7 Oktober 2019 pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like