Terjebak transit di Hamad International Airport? Coba lakukan hal ini

Jakarta, airmagz.com – Dalam melakukan perjalanan dari benua Asia ke benua Eropa dengan menggunakan maskapai asal timur tengah seperti Qatar Airways, biasanya penumpang memang harus melakukan transit di Hamad International Airport. Dan tidak jarang transit tersebut dilakukan dalam waktu yang cukup lama, misalkan 6 jam, 9 jam, atau bahkan 24 jam.

Sebagai bandara yang baru beroperasi sekitar 5 tahun, Hamad International Airport di desain khusus untuk menggantikan Doha International Airport sekaligus sebagai rumah baru untuk Qatar Airways. Sebagai bandara yang dijuluki The Jewels of Qatar, banyak sekali hal-hal tersembunyi yang dapat Anda temui atau lakukan di sana.

Berikut kami rekomendasikan hal-hal yang dapat Anda lakukan di Hamad International Airport, Qatar:

1. Dapatkan koneksi Wi-Fi Gratis
Tidak seperti bandara lainnya, Wi-Fi yang ada di Hamad International Airport tidak hanya gratis tapi juga sangat efisien. Karena tidak ada batasan waktu penggunaan dan aksesnya pun sangat cepat.

2. Tur keliling Doha
Khusus untuk penumpang Qatar Airways, Anda bisa mendapatkan pengalaman tur keliling kota Doha dalam waktu 3 jam seharga QAR 75 atau sekitar Rp 300ribuan per orang.

Dalam tur ini, Anda akan diajak untuk mengunjungi empat landmark utama, yaitu Souq Waqif sebagai tempat berbelanja perhiasan, rempah-rempah dan seni tradisional; The Pearl-Qatar, di tempat ini tersebar toko-toko dan restoran. Anda bisa berbelanja sambil menyantap makanan khas timur tengah seperti Machboos dan Mathrooba; Museum of Islamic Art serta Desa Budaya Katara yang sangat cantik untuk dijadikan latar belakang foto di laman Instagram Anda.
Untuk mengikuti tur ini, Anda tidak perlu melakukan pemesanan di muka. Tur ini tersedia pukul 08.00 – 21.30 waktu lokal Doha.

3. Bermain di Tom Otterness Playground
Jika Anda bepergian bersama anak-anak, jangan khawatir karena di Hamad International Airport terdapat tempat bermain anak-anak yang sangat artistik. Tempat ini didesain oleh seniman terkenal asal New York, Tom Otterness. Beliau menciptakan beragam patung perunggu yang juga berfungsi sebagai permainan seluncuran dan perlengkapan interaktif lainnya.

4. Kunjungi berbagai instalasi seni
Banyak patung dan instalasi seni lain yang dipamerkan di Hamad International Airport, seperti patung oryx, Bentley Continental GT dan Ducati Monster, patung Arctic Nurseries of El Dorado, dan tepat di tengah area transit, terdapat ikon Hamad International Airport yang sangat terkenal yaitu ‘The Lamp Bear’, sebuah beruang lampu raksasa setinggi 7m, yang dirancang oleh seniman Urs Fischer.

5. Istirahat di lounge
Jika Anda sudah sangat lelah berkeliling bandara, Anda dapat beristirahat di ruang tenang secara gratis. Di sana terdapat kamar-kamar yang tenang dengan pencahayaan redup serta bagian khusus untuk pria dan wanita.

Jika tidak ada koneksi penerbangan yang tersedia kurang dari 8 jam (dan waktu transit di Doha adalah antara 8 dan 24 jam) Qatar Airways akan mengatur akomodasi, transfer bandara, dan makanan untuk penumpang yang menghadapi waktu transit yang lama di Doha. Sebagai tambahan, warga negara Indonesia sudah tidak memerlukan visa untuk memasuki negara Qatar. (IMN)

Share :
You might also like