Bali Harapkan Denfest 2016 Bisa Datangkan 50 Ribu wisatawan

Airmagz.com, Jakarta – Bali incar 50 ribu wisatawan memenuhi pulau dewata sepanjang libur natal dan tahun baru. Sebagai magnet untuk menarik wisatawan, Bali menyelenggarakan Denpasar Festival atau Denfes selam 28-31 Desember 2016.

“Target pengunjung 50.000 orang yang datang ke acara ini, rinciannya Wisman 80 persen dan Wisnus 20 persen. Tahun Baru akan sangat meriah di Bali,” ujar Walikota Denpasar I.B. Dharmawijaya Mantra.

Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Gede Yuniartha mengatakan, pelaksana Denfes dengan tema Padmaksara ialah Pemkot Denpasar yang didukung oleh Kemenpar. Tujuan acara tersebut adalah menarik lebih banyak wisatawan ke pusat kota Denpasar agar pergerakan Wisman dan Wisnus saat Tahun Baru 2016 merata.

“Selain itu juga sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas dan inovasi berbasis budaya unggulan; ranah pelestarian seni dan budaya; serta media dan ruang bagi berbagai komunitas dan masyarakat,” ujar Agung.

Tempat Kegiatan akan dilaksanakan di Areal Kawasan Catur Muka (titik sentral /titik 0 Km Kota Denpasar). Untuk kegiatan, imbuh Agung, akan ada Festival pameran, parade, seni pertunjukan,kompetisi,fashion show, bursa, niaga,dan kuliner.

“Di samping itu, juga ada Great Sale di toko-toko sepanjang Kawasan Jalan Gajah Mada. Jadi kami prediksi sangat meriah sekali,” katanya.

Great Bali sebagai ‘jendela pariwisata Indonesia’ memberikan kontribusi sebesar 40 persen dari total kunjungan wisman. Tahun 2015, dari 10,4 juta wisman ke Indonesia yang masuk melalui Bali sebanyak 4 juta wisman, sedangkan target tahun ini 12 juta wisman, diharapkan sebanyak 4,4 juta hingga 4,8 juta wisman di antaranya melalui Bali.

Pada posisi Januari hingga September 2016 kunjungan wisman mencapai 8.362.963 atau meningkat sebesar 8,51 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.707.034 wisman.

“Dalam tiga bulan terakhir ini Juli, Agustus, September 2016 kunjungan wisman menembus angka 1 juta dan diharapkan pada sisa waktu tiga bulan terakhir; Oktober, November, dan Desember akan meningkat siginfikan.

Share :
You might also like