Pertama Kali Naik Pesawat? Berikut Ini Tips-Tips yang Harus Anda Ketahui

Jakarta, airmagz.com – Sekarang ini pesawat sudah menjadi pilihan banyak orang untuk berkunjung ke suatu tempat di berbagai belahan dunia, dengan menggunakan pesawat kita akan dengan cepat sampai ke tujuan. Moda transportasi ini semakin digandrungi masyarakat karena harga tiket yang relatif stabil dan didukung oleh beberapa e-commerce penyedia tiket onine. Calon penumpang tidak harus repot-repot lagi datang ke loket dan mengantri untuk membeli tiket.

Tapi bagi anda yang baru pertamakali menggunakan pesawat komersil sudah tau kah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan anda? Kalau belum tau mari simak ulasan di bawah ini!

1. Membeli Tiket

Tidak seperti angkutan umum perkotaan (Angkot) yang bisa naik kapan dan di mana saja, kalau anda mau menggunakan pesawat hal pertama yang harus dilakukan adalah membeli tiket. Sekarang ini anda tidak harus repot-repot ngantri di loket, cukup berselancar di internet dan kunjungi layanan penyedia tiket online. Anda bisa beli tiket di tiket.com, pegipegi.com, traveloka, airyrooms.com, dan masih banyak lagi.

2. Menentukan barang yang akan dibawa

Usahakan untuk membawa barang-barang penting yang akan digunakan selama di tempat tujuan, dan sesuaikan dengan kegiatan yang akan anda lakukan. Hal tersebut berpengaruh pada bagasi yang akan anda gunakan, setiap maskapai penerbangan mempunyai kebijakan bagasi yang berbeda, maka hendaknya anda cari tau beban bagasi maskapai yang akan anda gunakan.

3. Persiapkan KTP dan Tiket untuk chek in

Agar tidak kerepotan di bandara, persiapkan tiket dan KTP dari rumah. Jangan sampai ketinggalan! Kalau tanda pengenalmu ketinggalan, bisa-bisa anda ketinggalan pesawat karena tidak bisa check-in. Selanjutnya, simpan e-tiket yang sudah dikirim ke alamat email anda dan KTP di tempat yang mudah dijangkau untuk memudahkanmu saat check-in nanti.

4. Berangkat lebih awal ke Bandara

Dalam hal menunggu jangan samakan peswat dengan moda transporasi lain, ebaiknya anda tiba di bandara dua jam sebelum keberangkatan dan loket check-in ditutup satu jam sebelum jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket anda. Ini penting untuk anda yang pertama kali naik pesawat, karena anda masih harus mencari tahu dimana tempat check-in, waiting room, serta gerbang keberangkatanmu.

5. Masuk terminal yang tepat

Jika bandara yang anda gunakan adalah bandara yang besar seperti Soekarno Hatta, pastikan andatidak salah masuk terminal, kalau anda salah tentu akan merepotkan diri anda sendiri.

6. Menunggu di gate yang tepat

Setelah check-in selesai, petugas akan memberikan boarding pass  yang bisa anda gunakan untuk masuk ke dalam waiting room. Perhatikan gate keberangkatan dan jam boarding-mu! Segeralah cari lokasi gate anda dan usahakan untuk menunggu tak jauh dari situ. Dengan begitu, anda bisa menunggu dengan tenang, sehingga saat boarding, anda tidak perlu panik mencari-cari lagi

7. Matikan telepon genggam

Setelah anda melewati seluruh proses di atas, selamat! anda sudah siap untuk melakukan penerbangan perdana anda! Ingat, patuhi peraturan pesawat yang meminta seluruh penumpang pesawat untuk  mematikan telepon genggam. Hal ini bertujuan agar radiasi tenaga listrik yang bersumber dari telepon genggam tidak mengganggu sinyal navigasi pesawat terbang. Matikan telepon genggam anda sebelum pesawat lepas landas dan menghidupkannya kembali setelah anda meninggalkan pesawat!

8. Jangan lupa ambil barang-barang anda di bagasi

Setelah mendarat jangan lupa ambil barang-barang anda yang ada di bagasi. Bawaan anda akan muncul di area baggage claim  setelah pesawat mendarat. Perhatikan layar pengumuman di sana untuk mengetahui nomor ban berjalan yang tepat. Setelah berhasil diambil, jangan lupa cross- check nomor sticker yang tertera pada barang dengan nomor pada tiket anda jangan sampai tertukar. Itulah tips-tips untuk anda yang baru pertama kali menggunakan pesawat, jangan malu bertanya saat di bandara jika ada sesuatu yang membingungkan. Terimakasih semoga bermanfaat!!! (IH)

Share :