Bersama Garuda Merpati Siap Bangkit

Jakarta, airmagz.com – Dalam rangka merestrukturasi bisnis PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) menandatangani perjanjian kerjasama dengan PT Garuda Indonesia dan 9 BUMN lainnya. Kerjasama ini dilakukan untuk membangkitkan kembali MNA yang sempat berhenti beroperasi sejak 2014. Direktur Utama MNA Asep Ekanugraha mengatakan kerjasama Merpati dengan Garuda dan 9 BUMN lainnya adalah bagian dari usaha mencari jalan keluar Merpati dari kesulitan yang selama ini dialaminya.

“Beberapa kali Ibu Rini mengatakan akan ada sinergi dengan BUMN, kami dari Merpati meyakini hal itu dapat menjadi bagian dari jalan keluar untuk merpati, sehingga kemudian dalam 3 bulan terakhir kami intens sekali berkomunikasi, bagaimana kemudian ada jalan keluar bagi merpati, lalu menjalankan transisi sampai ketahapan selanjutnya dan kami meyakini di saat berdiri sekarang ini bagian yang ditunggu-tunggu oleh merpati,” katanya (16/10).

Dengan PT Garuda Indonesia, PT MNA meneken kontrak kerjasama bisnis kargo selama 38 tahun dengan review setiap 5 tahun sekali. Direktur Utama PT Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Dandiputra atau yang akrab dipanggil Ari Askhara mengatakan, kerjasama yang dilakukannya dengan MNA untuk menolong Merpati.

“Kerjasama yang dilakukan ini bukan semata-mata untuk Garuda tapi untu menolong saudara kita Merpati Indonesia,” ujaranya.

Ari Askhara menambahkan, sejak MNA berhenti beroperasi di tahun 2014 Menteri BUMN Rini Sumarno sudah meminta Garuda membuat skema untuk menolong Merpati. “Pada waktu itu kami berpikir simpel, kita kerjasama operasi, kondisi merpati yang saat ini, tidak menarik performancenya Garuda Indonesia yang sedang bagus,” ungkap Ari.

Ia menyampaikan kerjasama ini membantu merpati untuk going concern, dan mendatangkan bisnis buat merpati. Kendati begitu, Garuda juga dalam hal ini tidak merugi dan tidak terbebani, plus garuda juga bisa mengembangkan pasarnya di Indonesia dan internasional. Kargo udara yang dijalankan bersama Garuda Indonesia ini akan dimulai pada bulan November dan menyasar rute Indonesia Timur.

Plt Direkur Utama PLN Inten Cahyani yang hadir dalam acara ini juga menyampaikan kesiapannya untuk bersinergi dengan MNA dan Garuda. Menurutnya PLN sudah cukup banyak pengalaman menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia. “PLN siap bersinergi rentang jelajah juga luar biasa PLN, jadi kami punya rentang jelajah seluruh Indonesia, jadi merpati kemana pun sampai ke daerah terpencil PLN senang karena berarti sudah ada yang mengangkut kargo PLN”, jelasnya. (IH)

Share :
You might also like