Garuda Ajak Perinus Ekspor Ikan Pakai Kargo Pesawat

Jakarta, airmagz.com – Teken kontrak PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dengan PT Garuda Indonesia membuka peluang ekspor ikan lewat kargo pesawat. Direktur Utama PT Garuda Indonesia Ari Askhara mengatakan telah menandatangani kerjasama dengan Perinus (Perikanan Nusantara) untuk mengirim logistik ikan ke Jepang dan Hongkong menggunakan pesawat. Selama ini Perinus mengirim ikan ke Jepang dan Hongkong menggunakan kapal yang menghabiskan waktu berhari-hari di laut. Ikan yang dikirim ke Jepang dan Hongkong adalah ikan tuna dan kerapu dengan ongkos kirim Rp.350.000 per kilonya.

“Sebelumnya mungkin perinus mengekspor ikan ke Jepang melalui kapal waktunya lama dan harganyapun murah, namun melalui udara ikan dalam kondisi hidup masih bisa bertahan 24 jam sehingga tidak dimatikan dan harganya 3 kali lipat lebih tinggi di Jepang sampai 1 juta rupiah, “ Kata Ari Askhara.

Ari menambahkan dari uang 1 juta rupiah setiap perkilonya itu pihak Garuda bisa mengantongi 300 ribu, 100 ribu untuk MNA dan 600 ribu untuk Perinus. Ia juga menyampaikan melalui kerjasama tersebut PT Garuda Indonesia berkomitmen untuk memperkuat sinergi bisnis dengan Perinus.

Selain itu kerjasama ini juga membantu Merpati untuk going concern, mendatangkan bisnis buat Merpati. Kendati begitu, Garuda juga dalam hal ini tidak ingin merugi dan tidak terbebani, plus Garuda juga bisa mengembangkan pasarnya di Indonesia dan internasional. Bantuan dari BUMN-BUMN lainnya juga sangat diperlukan sehingga tidak saling membebani.

Di tahun 2020 Ari Akshara menargetkan 8 pesawat yang bisa dioperasikan untuk mengangkut kargo-kargo BUMN dengan kapasitas 12,5 ton per satu pesawat. Dalam kerjasama ini juga pihak Garuda hanya mengambil keuntungan dari air cost dan management fee. “Kita gak ngambil profit semua dari sana kita hanya management fee, management fee dan air cost nya mungkin tanya ke Pak Asep,” imbuhnya. (IH)

Share :
You might also like