Soal B737 MAX 8: Lion Air dan Garuda Masih Tunggu Rilis Resmi Boeing

Jakarta, airmagz.com – Sampai sekarang pihak Lion Air belum menerima rilis resmi terkait dengan diizinkannya kembali penggunaan Boeing 737 MAX 8 dari perusahaan pesawat tersebut. Semua aktivitas penerbangan di maskapai ini masih normal seperti biasanya, sampai ada kepastian langsung dari pihak Boeing.

Direktur Utama Lion Air, Rudy Lumingkewas mengungkapkan hubungan dengan perusahaan pesawat asal Amerika Serikat ini masih terjalin baik mereka masih terus berkordinasi soal permasalahan ini. “kita masih tetap normal sampai ada kepastian, kita masih biasa saja, kita koordinasi tentang apa yang terjadi, artinya belum ada perubahan apa-apa tapi, kita juga terus monitor apa yang sekarang berkembang,” katanya saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (31/10).

Pihak Lion Air menilai positif upaya pertanggung jawaban yang dilakukan oleh Boeing sampai sejauh ini. Saat ini kasus B737 MAX 8 sedang ditangani oleh Senat AS, CEO Boeing Dennis Muilenberg Selasa-Rabu kemarin sudah memberikan kesaksian di depan Senat AS Komite Perdagangan, Ilmu Pengetahuan, dan Transportasi, (29-30/10).

Rudy menambahkan kasus B737 MAX 8 ini adalah kasus besar yang menjadi sorotan dunia, sehingga perlu kesabaran dan kehati-hatian dalam bersikap, “Jadi mengenai kejadian ini bicara dunia, kita liat reaksi-reaksi negara lain, di Amerika saja masih bergulir belum final kalau udah final nanti akan disebutkan apa,” ujarnya.

Sikap yang sama juga diambil oleh Garuda Indonesia. Direktur Teknik dan Layanan Garuda, Iwan Joeniarto menyampaikan masih menunggu rekomendasi dari FAA (Federal Aviation Administration) dan menuggu maskapai lain mengambil sikap. “Kita akakn tetap melihat dulu tidak serta merta menerbangkan, jika sudah mendapatkan scame apa saja yang harus dilakukan dan kita ingini melihat dulu pembuktian bahwa setelah diperbaiki airline lain ketika menggunakan tidak ada masalah,” ungkapnya. (IH)

Share :
You might also like