Destinasi di Jawa Barat Menjadi Tempat yang Kerap Dikunjungi Wisatawan Nusantara

Airmagz.com, Jakarta – Wilayah Jawa Barat menjadi destinasi wisata paling banyak dikunjungi wisatawan nusantara (wisnus) sepanjang tahun 2016. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata, pergerakan wisnus ke Jawa Barat hingga bulan November tahun 2016 sebanyak 78.036.327 kunjungan.

“Ini artinya, Jawa Barat menjadi destinasi teratas untuk wisnus pada tahun ini,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers, Kamis (22/12/2016).

Proyeksi jumlah kunjungan wisnus dari bulan Januari hingga November 2016 berjumlah 288.178.646 kunjungan.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty mengatakan provinsi Jawa Barat tidak hanya menjadi destinasi wisata yang paling dikunjungi oleh wisnus, tetapi juga penyumbang wisnus terbanyak. Hal ini berarti warga Jawa Barat sering bepergian.

(Baca Juga: Menhub: Fenomena “Om Telolet Om” Dapat Jadi Daya Tarik Bus Kembali Disenangi Masyarakat)

“Kalau kita lihat dari kedekatan. Kalau dilihat dari data Badan Pusat Statistik historisnya, wisatawan nusantara yang lewat udaranya hanya 10 persen, 60 persennya darat bisa bus bisa kendaraan pribadi, atau kendaraan di darat. Karena mungkin juga jarak, akses dan daya tariknya,” jelas Esthy kepada KompasTravel seusai acara acara Jumpa Pers Akhir Tahun 2016 Kementerian Pariwisata di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (21/12).

Share :
You might also like