Dubai Airshow 2019, Airbus Lebih Unggul dari Boeing

Jakarta, airmagz.com – Perusahaan pembuat pesawat Airbus telah mendapatkan pesanan besar dari 2 maskapai penerbangan yang berbasis di Uni Emirat Arab, membuat Airbus lebih unggul dari pesaingnya Boeing di acara Dubai Airshow.

Melansir dari CNN pada Selasa (19/11/2019), Uni Emirates Arab telah mengumumkan pada Senin (18/11/2019) waktu setempat bahwa pihaknya sudah melakukan pemesanan 50 unit pesawat A350 dari Airbus. Kesepakatan tersebut ditaksir bernilai US$ 16 miliar atau sekitar Rp 224 triliun (dengan kurs Rp 14.000/dolar AS).

Selain itu Airbus juga telah menerima pesanan tambahan untuk 120 unit pesawat A320neo dari maskapai Air Arabia. Maskapai tersebut mengatakan kalau pesanan tersebut bernilai US$ 14 miliar atau sekitar Rp 196 triliun. Dengan demikian Airbus telah mendapat pesanan dengan nilai sekitar US$ 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun selama acara Dubai Airshow berlangsung.

Berbeda nasib dengan Airbus, pesaingnya Boeing masing berkutat untuk meyakinkan pembeli potensialnya bahwa 737 MAX buatannya dapat segera kembali mengudara, setelah sebelumnya pesawat jenis ini sempat di grounding karena 2 pesawatnya mengalami kecelakaan.

Presiden dan CEO Boeing Stan Deal mengatakan kepada wartawan di Dubai bahwa perusahaannya masih percaya kalau pesawat 737 Max miliknya bisa mendapatkan sertifikasi AS sebelum akhir tahun ini.

“Kami akan mengikuti petunjuk (Administrasi Penerbangan Federal AS) dalam hal ini. Pesawat ini, prosesnya, alat-alatnya, dan sertifikasi harus aman dan dilakukan dengan baik,” Kata Stan sebagaimana dikutip dari CNN. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like