Emirates Beli 30 Pesawat Dreamliner dari Boeing

Jakarta, airmagz.com – Boeing dan Emirates mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan pembelian 30 pesawat 787-9 Dreamliner senilai US$8,8 miliar. Perjanjian ini ditandatangani di Dubai Airshow, Rabu (20/11).

Ketua dan Kepala Eksekutif Emirates, HH Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum mengatakan, pihaknya senang dengan pembelian 30 pesawat Dreamliner ini. Menurutnya, ini menjadi investasi penting dalam memperkuat armada di masa mendatang sekaligus menyodorkan layanan transportasi udara terbaik kepada para pelanggannya.

“787 akan melengkapi armada kami dengan memperluas fleksibilitas operasional kami dalam hal kapasitas, jangkauan dan penyebaran,” katanya.

Emirates sebelumnya telah menandatangani perjanjian awal untuk varian 787-10 yang lebih besar.  Dalam memilih secara resmi 787-9 hari ini, Emirates menambahkan pesawat berbadan lebar berukuran sedang untuk melengkapi 777 pesawat yang lebih besar milik maskapai. 

Sheikh Ahmed menambahkan bahwa armada Boeing menjadi kunci bagi model bisnis Emirates selanjutnya. Dari aset itu, mereka berupaya untuk mengimplementasikan strategi Uni Emirat Arab sebagai tujuan wisata dan bisnis internasional.

Sebagai bagian dari perjanjian, Emirates akan memperbarui sebagian dari buku pesanan besarnya dengan menggunakan hak substitusi dan mengubah 30 pesawat 777 menjadi 30 pesawat 787-9.  Dengan konversi ini, Emirates tetap menjadi pelanggan 777X terbesar di dunia dengan pesanan 126 pesawat dan operator 777 terbesar dengan 155 pesawat saat ini.

“Kami sangat senang untuk menyelesaikan pesanan penting ini dari salah satu maskapai penerbangan terkemuka dunia. Perjanjian kami memperkuat rencana Emirates untuk mengoperasikan 787 Dreamliner dan 777X, yang merupakan kombinasi widebody yang paling efisien dan paling mampu di industri ini,” kata Boeing  Pesawat Komersial President & CEO Stan Deal.  

“Merupakan suatu kehormatan untuk membangun kemitraan sukses kami dengan Emirates dan terus mempertahankan banyak pekerjaan di Boeing dan mitra pemasok kami,” tambahnya.

Untuk mendukung 777 pesawat Emirates generasi terbaru di tahun-tahun mendatang, perusahaan mengumumkan bahwa Boeing Global Services akan memanfaatkan rantai pasokannya di seluruh dunia untuk menyediakan suku cadang pengganti yang tepat waktu, mengurangi waktu perawatan, dan menjaga agar pesawat tetap dalam pelayanan.

Dengan ketinggian 63 meter (206 kaki), 787-9 Dreamliner dapat menerbangkan 296 penumpang, dalam konfigurasi dua kelas yang khas, hingga 13.950 km, sekaligus mengurangi biaya bahan bakar hingga lebih dari 20 persen dibandingkan dengan pesawat sebelumnya. 

Didesain dengan mempertimbangkan penumpang, 787 menghadirkan pengalaman tak tertandingi dengan jendela jet terbesar, tempat sampah besar dengan ruang untuk tas semua orang, udara kabin nyaman yang lebih bersih dan lebih lembab, serta pencahayaan LED yang menenangkan. 

Efisiensi dan jangkauan superior Dreamliner telah memungkinkan maskapai penerbangan untuk membuka 257 rute non-stop baru di seluruh dunia.  Lebih dari 80 pelanggan di seluruh dunia telah memesan lebih dari 1.400 Dreamliner sejak program diperkenalkan, menjadikannya jet widebody terlaris dalam sejarah. (DP)

Share :
You might also like