Garap Penerbangan Umroh, Citilink Datangkan 3 Pesawat Baru

Jakarta, airmagz.com – Maskapai penerbangan berbiaya murah Citilink akan mendatangkan tiga unit pesawat baru jenis Airbus 330 pada tahun 2020 mendatang. Pesawat berbadan lebar ini nantinya akan digunakan untuk melayani penerbangan jarak menengah hingga jauh (long-haul).

Direktur Niaga PT Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, mengatakan kedatangan tiga pesawat jenis Airbus ini merupakan upaya ekspansi yang dilakukan anak perusahaannya, baik di pasar domestik maupun internasional.

“Citilink Airbus (330) ini rencanakan tiga unit. Penerbangannya tentu manfaatkan ke rute-rute yang butuh wide body, kelasnya lebih ke LCC,” kata Pikri di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (26/11).

Adapun rute penerbangan Citilink yang akan menggunakan Airbus A330, di antaranya Semarang-Jeddah dan Tanjung Karang-Jeddah. “Kita juga bisa gunakan untuk umroh dari Semarang dan Lampung atau di mana Garuda Indonesia tak terbang kita pakai Citilink,” ucapnya.

Di samping itu, tipe pesawat ini juga akan menerbangi rute-rute gemuk saat musim sibuk (peak season). Menurutnya, penerbangan menggunakan pesawat berbodi lebar akan lebih efisien dibandingkan menambah frekuensi (extra flight) saat musim liburan.

“Strategi kita ke depan pakai bigger aircraft. Keuntungannya bandara jadi tak padat untuk take off landing. Kami berpikir peak season kalau extra flight bandara agak berat ngaturnya. Apalagi penambahan di jam-jam sibuk jadi bisa sebabkan delay,” kata dia. (IMN/Merdeka.com)

Share :
You might also like