Gila! Pesawat Tersambar Petir di Zambia

Jakarta, airmagz.com – Pesawat penumpang di Zambia tersambar petir saat terbang di tengah hujan deras pada Senin (25/11). Foto pesawat yang moncongnya terbakar dibagikan di media sosial.

Pesawat tersebut tengah terbang 19 ribu kaki di atas permukaan laut ketika petir menyambar pesawat dan membakar moncongnya. Namun pilot berhasil terbang melewati badai dan mendarat di Bandara Internasional Kenneth Kaunda. Demikian dilansir dari laman Channel Africa, Rabu (27/11).

“Pesawat kami membawa 41 penumpang, disambar petir sekitar pukul 15.20 saat pesawat mendekati wilayah Lusaka,” kata petinggi maskapai Proflight, Phil Lemba kepada koran lokal, Daily Mail.

“Karena desain pesawat, tidak banyak kerusakan. Struktur pesawat memiliki penangkal petir statis,” lanjutnya.

Dikutip dari laman stuff.co.nz, pesawat tersebut terbang dari Livingstone menuju Lusaka ketika terjadi hujan deras.

“Baru mendarat di Lusaka dalam penerbangan dari Livingstone,” kata salah seorang penumpang, Savannabel, menguitp kantor berita lokal Zambia, Mwebantu.

“Pesawat kami, di tengah terjangan hujan badai, disambar petir sesaat setelah kami mulai mendarat,” lanjutnya.

Penumpang ini juga mengapresiasi kehebatan pilot maskapai Proflight yang berhasil mendarat dengan mulus di tengah cuaca buruk.

“Saya angkat topi untuk pilot @proflightzambia. Mereka tidak hanya melakukan upaya terbaik agar secepat mungkin keluar dari badai, tapi mereka juga mendarat dengan penuh ketenangan dan profesional,” tulisnya.

Para pengguna media sosial menyerukan agar pilot tersebut diberikan penghargaan. (IMN/Merdeka.com)

Share :