Ini Dia Fakta-Fakta Unik Pesawat Airbus Beluga

Jakarta, airmagz.com – Jika Anda menyukai semua hal luar angkasa, Anda pasti pernah mendengar tentang “paus terbang Beluga”.

Ya – ini pesawat yang sebenarnya dicat dengan wajah paus beluga. Bulan lalu, Airbus ‘BelugaXL menyelesaikan penerbangan pertamanya di barat daya Prancis.

Beluga XL Akan Pakai Mesin Rolls-Royce Trent 700
Foto : Airbus Beluga XL

Bukan hanya pekerjaan catnya yang luar biasa yang membuat pesawat ini menonjol, tetapi juga ukurannya. Pesawat itu adalah pesawat pengangkut, modifikasi dari pesawat jet Airbus A330-200, menjadikannya salah satu pesawat terbesar di dunia. Karena kami ingin tahu lebih banyak tentang pesawat yang mengesankan (dan jujur, menyenangkan) ini, kami melakukan penggalian.

Berikut 8 fakta menarik tentang Paus Airbus Beluga yang mungkin tidak Anda ketahui:

  1. Anda dapat terbang dengan Paus Beluga … dalam 10 bulan.

Penerbangan bulan lalu menandai dimulainya periode pengujian 10 bulan untuk pesawat paus. Pada saat itu, ia harus menyelesaikan total 600 jam di udara, yang masih jauh dari penerbangan perdananya 4:11 jam. Jika berhasil, pesawat dapat mulai terbang secara komersial.

  1. Wales Utara harus memperluas landasan pacu mereka agar sesuai dengan paus.

Ukuran BelugaXL dirancang dengan tujuan. Airbus menggunakan pesawat dan seri berukuran serupa untuk mengangkut sayap pesawat dari pabrik ke perakitan di Eropa. Bandara Hawarden di Wales Utara menampung salah satu pabrik sayap itu. Namun, bandara Wales Utara tidak memiliki landasan yang cukup besar untuk Beluga yang besar. Oleh karena itu, bandara harus membuat pagar ledakan baru dan memunculkan landasan pacu untuk “Paus Utara” di masa depan.

  1. Kita akan melihat empat paus lagi.

Oh ya. Airbus mengatakan BelugaXL pertama adalah satu dari lima pesawat dalam seri ini. Empat lainnya diharapkan mulai beroperasi pada 2019. Selain itu, Airbus akan membangun lima pesawat lagi antara 2019 – 2023 untuk secara bertahap menggantikan lima pertama dalam seri BelugaST.

  1. Pesawat itu lebih besar dari dua paus biru.

Dengan panjang 63,1 meter, BelugaXL lebih dari dua kali lipat ukuran paus biru (24-30 m), mamalia hidup terbesar di Bumi. Tidak ada mamalia hidup, dinosaurus yang punah (halo, megaladon, dan ichthyosaurus) atau legenda yang lebih besar dari yang dapat dibandingkan. Meskipun Smaug paling dekat pada 61 m.

  1. Paus merah muda adalah pilihan lain untuk desain paus beluga.

Staf Airbus sebenarnya memilih desain favorit mereka untuk pesawat besar di antara 6 opsi lainnya. Dari 20.000 suara karyawan, ” Smiling BelugaXL ” keluar sebagai pemenang dengan 40% suara.

sumber foto : airbus.com

Tapi apa pilihan lain? Meskipun Airbus belum mengungkapkan desain lainnya, beberapa pengguna reddit menyebutkan versi pink pesawat yang tampaknya adalah runner-up. Beluga serba biru adalah pilihan lain.

  1. Menggerakkan pesawat paus beluga harganya lebih dari satu miliar dolar.

Pesawat yang lebih besar berarti mesin yang lebih besar. Dalam hal ini, dua mesin. BelugaXL memiliki dua mesin Turbofan Rolls-Royce Trent 700 untuk menggerakkannya ke langit, masing-masing seharga sekitar $ 40 M.

Seluruh program untuk membangun raksasa terbang ini menelan biaya lebih dari 1 miliar.

  1. Dahi paus terbuka.

Mungkin Anda bertanya-tanya, “Bagaimana mereka memuat sayap pesawat ke dalam pesawat?” Kami juga.

sumber foto : wikipedia.org

Logistiknya, bagaimanapun, tidak terlihat serumit yang kami kira. “Dahi” BelugaXL terbuka untuk memungkinkan kru memuat dan membongkar muatan besar, seperti sayap pesawat. Dengan ruang penyimpanan sebesar ini, pesawat dapat terbang 4.000 kilmeters (2.485 mil) sambil membawa hingga 50 ton.

  1. OG Beluga mulai beroperasi pada tahun 1994.

Bagi mereka yang mungkin tidak tahu, pesawat A330-200 pertama kali terbang pada tahun 1994. Orang-orang mulai menyebut pesawat ini “Beluga” karena warna putih dan dahinya yang menonjol menyerupai paus Arktik. Tidak sampai 2014 Airbus meluncurkan program untuk memodifikasi pesawat A330-200 agar lebih besar untuk memenuhi kebutuhan peningkatan produksi pesawat.

Untuk referensi, BelugaXL dapat membawa kedua sayap untuk pesawat A350 besar milik Airbus. Beluga asli hanya bisa membawa satu sayap. (IMN/partsolutions.com)

Share :