Erupsi Gunung Vulkanik, Pesawat Ini Putar Balik Setelah 11 Jam Mengudara

Jakarta, airmagz.com – Usai 11 jam mengudara, penumpang di sebuah pesawat tak juga sampai ke tempat tujuan dan malah harus kembali ke tempat keberangkatan mereka. Itu dikarenakan erupsi gunung vulkanik.

Diberitakan Business Insider dan onemileatatime.com, pesawat KLM itu sejatinya berangkat dari Amsterdam menuju Meksiko. Setelah 5,5 jam mengudara, diketahui adanya erupsi gunung vulkanik Popocatepetl di dekat Kota Meksiko.

Pesawat yang saat itu berada di atas wilayah Kanada lantas membatalkan penerbangannya. Jika terjadi hal semacam ini, pesawat biasanya akan diarahkan ke bandara alternatif.

Namun, hal ini tidak bisa dilakukan salah satunya karena penerbangan itu membawa muatan kuda. Maskapai KLM memang memiliki fasilitas penerbangan kuda. Seperti video pada akun youtube KLM.

Pesawat itu pun kemudian berbalik arah balik lagi ke tempat tinggal landas. Penerbangan KLM ini lantas mendarat dengan selamat di bandara Schiphol, Amsterdam setelah mengudara selama 11 jam — 5,5 jam sampai di tengah jalan lalu berputar dan menghabiskan 5,5 jam lainnya untuk perjalanan balik.

Dengan kata lain, para penumpang pesawat tersebut menghabiskan nyaris setengah hari tanpa beranjak dari tempatnya memulai perjalanan karena harus balik lagi ke Amsterdam, Belanda.

“Pesawat mendarat dengan selamat di Schiphol pukul 2.30 pagi, dengan para penumpang turun di Amsterdam. Mereka akan memesan ulang penerbangan alternatif. Mendarat di bandara lain tidak memungkinkan karena persyaratan visa penumpang dan ada muatan besar kuda di atas penerbangan,” kata KLM. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like