Balapan Anjing Ala Pemburu Babi di Sawahlunto, Event Unik dan Langka

Sawahlunto, airmagz.com– Tak kalah seru dari balapan kuda “Bank Nagari Sawahlunto Derby 2019” yang di helat minggu lalu, balapan anjing yang di gelar Persatuan Olah Raga Buru Babi (Porbi) Sawahlunto juga menarik untuk di tonton. Seperti yang disajikan pihak panitia di Lapangan Ombilin, Sawahlunto, Sumbar, Selasa (10/12).

Silmastri, Panitia penyelenggaran kompetisi adu cepat anjing-anjing terlatih untuk buru babi itu akan berlangsung hingga Jumat (13/12) nanti. Di ikuti berbagai peserta dari daerah tetangga seperti dari Kabupaten Tanah Datar, Kab. Lima Puluh Kota, Kabupaten Solok, Kota Solok, Kabupaten Sijunjung, dan peserta dari kabupaten/kota lainnya di Sumatera Barat.

“Kami juga menyajikan hiburan yang tak kalah menarik dengan pacuan kuda. Dengan pacu anjing ratusan bahkan sampai ribuan pasang mata penonton juga  tak berhenti berkedip, karena unik dan jarang ada di tempat lain. Semoga ini mampu memberi hiburan bagi wisatawan dan warga kota.” ungkap pria pehobi buru babi dan balapan anjing ini.

Diutarakannya, pacuan atau balapan anjing ini sudah menjadi agenda tahunan Porbi dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Sawahlunto setiap tahunnya. Untuk tahun ini, memperingati hari jadi yang 131 tahun, dengan mengundang peserta dari berbagai daerah tetangga.”Alhamdulillah,mereka ikut  berkontribusi dalam memeriahkan hari jadi kota wisata tambang ini.” tutur dia.

Balapan Unik

Pacuan anjing, merupakan hiburan segar bagi kalangan pecinta buru babi yang dimanfaatkan untuk melatih anjing-anjing kesayangannya agar pintar berburui. Seperti halnya pacuan kuda, pacu anjing juga di nilai dari kecepatan anjing bisa sampai di garis finis pada lintasan sepanjang 100 meter.

Aturan yang diberlakukan pihak panitia  untuk balapan anjing ini sederhana saja, daftarkan anjing ke panitia lalu bayar omsetnya dengan uang yang cukup dengan nilai yang tidak terlalu besar. Kemudian anjing dipasangi nomor punggung dan langsung bersiap memasuki gelanggang pacuan.

Untuk menarik anjing berlari kencang, panitia menyediakan satu ekor anak babi sebagai pancingan. Setelah babi itu dipertontonkan dihadapan anjing yang akan berlomba, pihak panitia yang membawa anak babi berlari ke arah garis finish. Sampai di garis finish, anak babi dimasukan ke kerangkeng besi agar tak diterkam anjing-anjing tersebut, lalu memberi aba-aba ke petugas di garis start untuk siap-siap angkat bendera tanda pelepasan anjing adu kecepatan.

Dalam setiap race, ada sepuluh anjing yang dilepas sekaligus, dipunggungnya ditempeli nomor sesuai pendaftaran. Saat anjing itu berpacu, tak sedikit pula yang berantam karenan terhalangi. Dalam lomba ini diberlakukan babak penyisihan, serta yang menang kembali diadu dengan anjing pemenang lainnya. Untuk final, ungkap Silmastri, akan di langsungkan pada Jumat petang, habis sholat Ashar.

Panitia sudah menyiapkan hadiah bagi anjing pemenang dalam bentuk uang dan lainnya. Balapan anjing ini disponsori Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga,  Bank Nagari, dan berbagai donatur lainnya.”Jika ingin menyaksikan, silahkan datang ke Lapangan Ombilin, Sawahlunto.”ungkap Silmastri. (IY)

Share :
You might also like