Ada Es di Sayap, Penerbangan Ini Dibatalkan

Jakarta, airmagz.com – Seorang awak kabin mencegah terjadi bencana saat ia memberitahukan yang ada di sayap pesawat. Kru pesawat yang tak disebutkan namanya ini melihat es di sayap pesawat dan memberitahukannya pada pilot beberapa detik sebelum lepas landas.

Melansir dari Thesun.co.uk, Minggu (15/12/2019), Program Pelaporan Insiden Faktor Manusia Rahasia (CHIRP) mengkungkap kejadian tersebut.

CHIRP sendiri adalah sebuah program untuk mengawasi penerbangan sipil di Inggris.

“Saya berpikir seharusnya pilot berpengalaman, mereka harus tahu apa yang mereka lakukan dan bukan tempat saya untuk memberi tahu mereka cara melakukan pekerjaan mereka,” kata kru pesawat dalam sebuah laporan.

Sebelumnya, pintu pesawat sudah dikunci dan mesin dihidupkan dan siap terbang. Awak kabin itu memberitahu adanya es sebelum pesawat memasuki landasan. Akhirnya pilot memindahkan pesawat ke area aman dan memeriksa sayap. Kapten kemudian mengkonfirmasi diperlukan pembersihan sebelum lepas landas.

Namun, penerbangan ini akhirnya dibatalkan dan landasan pacu ditutup di tengah hujan salju lebat. Awak kabin yang memberitahukan es di sayap mendapat ucapan terimakasih dari kapten pesawat. Kapten pesawat sebelumnya mengaku hanya melihat salju di sayap bukan es.

“Ingat bahwa hal terpenting dalam insiden seperti itu adalah melaporkan kekhawatiranmu sesegera mungkin,” ungkap juru bicara CHIRP.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada detail nomor penerbangan dan bandara dari kejadian ini. (IMN/Tribun)

Share :