Jelang Nataru, AP I Alihkan Penerbangan Ekstra

Jakarta, airmagz.com – Menghadapi musim liburan Natal dan Tahun Baru 2020, PT Angkasa Pura I menegaskan bahwa penerbangan ekstra akan diarahkan sepenuhnya ke bandara Internasional Yogyakarta (NYIA).

Dilansir dari harianjogja.com, General Manager (GM) Bandara Internasional Adisucipto sekaligus PJS GM NYIA, Agus Pandu Purnama mengatakan kebijakan tersebut dilakukan berdasar instruksi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pekan lalu.

“Yang pasti instruksi tersebut terkait dengan penyelenggaraan posko natal dan tahun baru mulai dari 19 Desember 2019 hingga 6 Januari berlangsung 19 hari. Sehubungan dengan itu, untuk masalah extra flight atau penerbangan ekstra sementara tahun ini tidak diperkenankan di Adisucipto tapi seluruhnya dipindah ke NYIA,” jelasnya, kemarin.

Ia menyebutkan sampai saat ini baru Garuda yang sudah resmi mengajukan penerbangan ekstra di NYIA. Mereka bahkan sudah menambah empat pergerakan alias dua penerbangan setiap hari sejak 6 Desember 2019.

“Selain itu ada Citilink juga tertarik tapi belum memberikan kepastian. Biasanya pada H-3 hingga H-1 posko baru mengajukan. Kami akan buka pengajuan penerbangan ekstra atau extra flight hingga 19 Desember 2019,” terangnya.

Dengan adanya penerbangan ekstra di NYIA tersebut, AP I akan menyesuaikan jam operasional bandara dari biasanya hanya sampai 18.00 ditambah jadi dua jam hingga pukul 21.00 selama posko.

Selain menambah jam operasional, AP I juga menyiapkan tenaga tambahan menjelang serta selama liburan Natal dan Tahun Baru 2020. Total ada 100 personel yang disebar di Adisucipto yang terdiri dari 50 personel AP I dan 50 personel eksternal. Sedangkan di NYIA disiapkan 105 personel terdiri dari 49 personel dari AP I dan sisanya gabungan petugas TNI POLRI. (IMN/Suara.com)

Share :
You might also like