Kemenhub Siapkan Penerbangan Perintis 2020 untuk Layani Masyarakat di Daerah Terpencil

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terus berkomitmen untuk layani masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan lewat penekanan kontrak pelayanan angkutan udara perintis di tahun 2020.

Peresmian ini dilaksanakan lewat Penandatanganan Kontrak antara pihak Korwil dengan Operator pada Kamis (9/1) di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat. Peresmian ini dilaksanakan demi pelayanan subsidi angkutan udara perintis penumpang, perintis kargo, dan subsidi angkutan kargo.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menjelaskan, pelayanan angkutan udara perintis ini melibatkan 17 Korwil dengan total 188 rute penerbangan.

“Ada 188 rute penerbangan yang terdiri dari Sumatera dengan 3 Korwil dengan 24 rute, Jawa 1 Korwil dengan 3 rute, Kalimantan dengan 3 Korwil dengan 25 rute, NTT dengan 1 Korwil dengan 4 rute dan Papua yang paling banyak dengan 9 Korwil dengan 116 rute,” kata Polana, Kamis (9/1).

Sementara untuk penerbangan perintis kargo ada sekitar 27 rute yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Pelayanan angkutan udara perintis ini, tambah Polana, membutuhkan anggaran sebesar Rp500 miliar. Anggaran ini akan digunakan sepanjang 2020 mendatang.

Polana mengatakan, penerbangan perintis, baik penumpang maupun kargo, adalah komitmen pemerintah untuk memberikan akses transportasi bagi masyarakat terpencil. Ia berharap pelayanan ini bertujuan untuk mempermudah mobilitas, baik untuk kepentingan logistik maupun ekonomi.

“Ini salah satu perwujudan komitmen pemerintah, terutama Pak Presiden untuk memberikan konektivitas dan juga perwujudan hadirnya sebuah negara,” katanya. (DP)

Share :
You might also like