“Air Show”, Melihat Pesawat Terbang Menari di Atas Udara

Jakarta, airmagz.com – Pertunjukan udara atau pertunjukan udara , pameran udara) adalah acara publik di mana pesawat dipamerkan . Mereka sering termasuk demonstrasi aerobatik , tanpa mereka disebut “pertunjukan udara statis” dengan pesawat yang diparkir di tanah.

Pertunjukan udara terbesar yang diukur dengan jumlah peserta pameran dan ukuran ruang pameran adalah Le Bourget diikuti oleh Farnborough , sementara pertunjukan udara Dubai dan Singapore Air Show keduanya mengklaim tempat ketiga.

Pertunjukan udara terbesar atau terbang oleh sejumlah pesawat yang berpartisipasi adalah EAA AirVenture Oshkosh , umumnya dikenal sebagai “Oshkosh” setelah lokasinya di Wisconsin, dengan sekitar 10.000 pesawat terbang berpartisipasi setiap tahun. Pameran udara militer terbesar di dunia adalah Royal International Air Tattoo , di RAF Fairford di Inggris .

Foto : Destinationmagazines.com

Beberapa pameran udara diadakan sebagai usaha bisnis atau sebagai acara perdagangan di mana pesawat, avionik dan layanan lainnya dipromosikan ke pelanggan potensial. Banyak pertunjukan udara diadakan untuk mendukung badan amal setempat, nasional atau militer.

Perusahaan udara militer sering mengadakan pertunjukan udara di lapangan terbang militer sebagai latihan hubungan masyarakat untuk berterima kasih kepada masyarakat setempat, mempromosikan karier militer dan meningkatkan profil militer.

Udara “musim” bervariasi di seluruh dunia. Amerika Serikat menikmati musim yang panjang yang biasanya berlangsung dari bulan Maret hingga November, meliputi musim semi, musim panas, dan musim gugur. Negara-negara lain sering memiliki musim yang jauh lebih singkat.

Di Jepang pertunjukan udara umumnya acara yang diadakan di pangkalan Pertahanan Diri Jepang secara teratur sepanjang tahun. Musim Eropa biasanya dimulai pada akhir April atau Awal Mei dan biasanya berakhir pada pertengahan Oktober.

Timur Tengah , Australia dan Selandia Baru mengadakan acara mereka antara Januari dan Maret. Namun, untuk banyak tindakan, “di luar musim” tidak berarti periode tidak aktif; pilot dan pemain menggunakan waktu ini untuk pemeliharaan dan latihan.

Jenis tampilan yang terlihat di pameran dibatasi oleh sejumlah faktor, termasuk cuaca dan jarak pandang. Sebagian besar otoritas penerbangan sekarang menerbitkan aturan dan panduan tentang ketinggian tampilan minimum dan kriteria untuk kondisi yang berbeda.

Selain cuaca, pilot dan penyelenggara juga harus mempertimbangkan pembatasan wilayah udara setempat. Sebagian besar peserta pameran akan merencanakan tampilan “penuh,” “bergulir” dan “datar” untuk berbagai cuaca dan kondisi ruang udara.

Jenis pertunjukan sangat bervariasi. Beberapa adalah acara militer skala besar dengan pajangan terbang besar dan pameran darat, sementara yang lain diadakan di lapangan terbang lokal kecil sering dapat menampilkan hanya satu atau dua jam terbang dengan hanya beberapa kios di tanah.

Menampilkan Udara dapat diadakan siang atau malam hari dengan yang terakhir menjadi semakin populer. Acara tidak selalu terjadi di lapangan terbang; beberapa telah diadakan di atas tanah rumah megah atau kastil dan di atas laut di resor pantai.

Grande Semaine d’Aviation de la Champagne. Foto : Wikipedia

Pameran udara internasional pertama publik, tempat berbagai jenis pesawat ditampilkan dan diterbangkan, adalah Grande Semaine d’Aviation de la Champagne , yang diadakan 22-29 Agustus 1909 di Reims. Ini telah didahului oleh apa yang mungkin merupakan pertemuan pertama para penggemar, 28 Juni – 19 Juli di tahun yang sama di lapangan terbang di La Brayelle , dekat Douai.

 

 

Objek Wisata

Sebelum Perang Dunia Kedua , pertunjukan udara dikaitkan dengan perlombaan udara jarak jauh, seringkali berlangsung berhari-hari dan mencakup ribuan mil. Sementara Reno Air Races menjaga tradisi ini tetap hidup, sebagian besar pertunjukan udara hari ini terutama menampilkan serangkaian demo udara yang berlangsung singkat.

Foto : Wikipedia

Sebagian besar pertunjukan udara menampilkan burung-burung perang , aerobatik, dan demonstrasi pesawat militer modern, dan banyak pertunjukan udara menawarkan berbagai atraksi aeronautika lainnya, seperti jalan kaki, pesawat yang dikendalikan radio, tetes air / bubur dari pesawat pemadam kebakaran, helikopter simulasi menyelamatkan dan menyelam di langit .

Pesawat aerobatic spesialis memiliki mesin piston yang kuat, ringan, dan permukaan kontrol besar, menjadikannya mampu menghasilkan kecepatan dan akselerasi roll yang sangat tinggi. Seorang pilot yang terampil akan dapat memanjat secara vertikal, melakukan tikungan yang sangat ketat, menjatuhkan pesawatnya dari ujung ke ujung dan melakukan manuver selama putaran.

Pameran udara yang lebih besar dapat dipimpin oleh tim demonstrasi jet militer. Di Amerika Serikat, mereka adalah US Navy Blue Angels dan USAF Thunderbirds . Snowbirds Pasukan Kanada akan menjadi berita utama pada banyak pertunjukan udara di Kanada dan Amerika Serikat. Banyak pertunjukan udara di Inggris yang dipimpin oleh RAF’s Red Arrows.

The Singapore Airshow…epa04068174 An aerial display of the Republic of Korea Air Force Black Eagles flying T-50 aircraft at a media preview of the Singapore Airshow at Changi Exhibition Centre in Singapore, 11 February 2014. The Singapore Airshow runs from 11 until 16 February 2014. EPA/Tom White. Foto : aerotime.aero

Demo jet militer solo, juga dikenal sebagai demo taktis, menampilkan satu pesawat, biasanya pemogokan atau pelatih tingkat lanjut. Demonstrasi berfokus pada kemampuan pesawat modern yang digunakan dalam operasi tempur. Layar biasanya akan menunjukkan gulungan pesawat yang sangat pendek (dan seringkali sangat keras), kecepatan cepat, kecepatan pendekatan lambat, serta kemampuan mereka untuk berbelok dengan cepat, naik dengan cepat, dan kemampuan mereka untuk dikendalikan secara tepat pada jarak yang luas. kecepatan.

Manuver termasuk gulungan aileron, gulungan barel, gulungan ragu-ragu, Kuba-8, belokan ketat, penerbangan alfa tinggi, lintasan kecepatan tinggi, dua Immelmans, dan touch-and-gos. Demo taktis mungkin termasuk tetes bom simulasi, kadang-kadang dengan kembang api di tanah untuk efek.

Pesawat dengan karakteristik khusus yang memberi mereka kemampuan unik akan sering menampilkan mereka dalam demo mereka; Sebagai contoh, pejuang Rusia dengan vektor Thrust dapat digunakan untuk melakukan Cobra Pugachev atau Kulbit , di antara manuver sulit lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh pesawat lain.

Demikian pula, seorang pilot F-22 dapat membawa jetnya di udara dengan hidung mengarah lurus ke atas, seorang pilot Harrier atau Osprey dapat melakukan pendaratan vertikal atau lepas landas vertikal, dan sebagainya. (IMN/Wikipedia)

 

Share :
You might also like