Airbus Tambah Kapasitas BelugaXL

Jakarta, airmagz.com – BelugaXL telah mulai beroperasi, Airbus menambah kapasitasnya sampai 30%  untuk mendukung peningkatan produksi program pesawat komersial yang sedang berlangsung.

Pesawat ini merupakan bagian dari sistem industri Airbus, melakukan penerbangan operasional pertamanya pada 9 Januari lalu. Ini adalah yang pertama dari enam BelugaXL yang mulai bekerja berdampingan dengan para pendahulu BelugaST, dengan pesawat tambahan diperkenalkan antara tahun 2020 dan 2023.

Diluncurkan lebih dari lima tahun yang lalu, pada November 2014, masuknya layanan ini menandai pencapaian sukses lainnya untuk program pesawat internal yang dianugerahi Sertifikasi Tipe oleh Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA) pada November 2019, pesawat BelugaXL telah menyelesaikan lebih dari 200 tes penerbangan, mencatat lebih dari 700 jam terbang.

Dengan panjang 63 meter dan lebar 8 meter, BelugaXL memiliki penampang teluk kargo terbesar dari semua pesawat kargo yang ada di seluruh dunia. BelugaXL dapat membawa dua sayap A350 XWB dibandingkan dengan BelugaST, yang hanya bisa membawa satu. Dengan muatan maksimum 51 ton, BelugaXL memiliki jangkauan 4.000 km. (2200nm).

BelugaXL didasarkan pada Freighter A330-200, memungkinkan penggunaan kembali komponen dan peralatan yang ada, dan didukung oleh mesin Rolls-Royce Trent 700. Kokpit yang diturunkan, struktur ruang kargo dan bagian belakang dan ekor baru dikembangkan bersama dengan mitra, memberikan tampilan khas pada pesawat.

BelugaXL adalah tambahan terbaru untuk portofolio transportasi Airbus. Sementara transportasi udara tetap menjadi metode utama untuk mengangkut komponen pesawat besar, Airbus juga menggunakan transportasi darat, kereta api dan laut untuk memindahkan suku cadang di antara lokasi produksinya. Seperti BelugaST, pesawat akan beroperasi dari 11 tujuan di Eropa, terus memperkuat kemampuan industri dan memungkinkan Airbus untuk memenuhi komitmennya. (IH)

Share :
You might also like