Jatuh Ditembak Rudal, Kotak Hitam Pesawat Ukraina di Cek Bersama

Jakarta, airmagz.com – Kotak hitam pesawat maskapai Ukraina sudah ditemukan. Awalnya, Iran ingin memeriksa kotak hitam dari pesawat nahas itu sendirian, namun kini keputusan diambil, kotak hitam akan digarap bersama.

Seperti dilansir Reuters dan Channel News Asia, Jumat (10/1/), otoritas Iran menyebut dibutuhkan waktu sedikitnya satu atau dua bulan untuk mengekstrak informasi dari rekaman suara dan rekaman data penerbangan yang ada pada pesawat jenis Boeing 737-800 itu. Penyelidikan terhadap kecelakaan ini bisa memakan waktu 1-2 tahun ke depan.

“Kami memilih untuk mengunduh kotak hitam di Iran. Tapi jika kami melihat bahwa kami tidak bisa melakukan itu karena kotak hitamnya rusak, maka kami akan meminta bantuan,” ucap Kepala Organisasi Penerbangan Sipil Iran, Ali Abedzadeh, dalam konferensi pers terbaru di Teheran.

Evaluasi terhadap kotak hitam dilakukan di laboratorium Bandara Mehrabad. Iran akan memeriksa apakah mungkin untuk melakukan rekonstruksi dan menganalisis informasi dari rekaman data penerbangan. Rezaeifar menambahkan bahwa empat negara — Rusia, Kanada Prancis dan Ukraina — siap membantu mengunduh informasi dari kotak hitam, jika Iran mengalami kesulitan.

Diketahui, pesawat nahas itu jatuh karena kena rudal militer Iran secara tak sengaja. Pesawat maskapai Ukraina itu sedianya mengudara dari Teheran menuju Kiev, Ukraina, namun jatuh dihajar rudal di pinggiran Teheran pada Rabu (8/1) pagi waktu setempat.

Boeing 737-800 itu membawa 176 orang. Tak ada korban selamat. Saat kecelakaan terjadi, Iran sedang dalam kondisi waspada usai melancarkan serangan rudal terhadap target markas tentara Amerika Serikat (AS) di Irak. (IMN/Detik.com)

Share :