Ini Penampakan Pesawat Tanpa Awak Buatan Indonesia

Jakarta, airmagz.com – Sebuah terobosan dan inovasi hebat baru-baru ini tengah dilakukan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang sukses memproduksi pesawat tanpa awak, yang diberi nama Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) yang dikalim mampu terbang terus menerus selama 24 jam.

Masih dalam bentuk prototype, Puna Male generasi pertama ini diklaim mampu terbang selama 24-30 jam dengan ketinggian jelajah 3.000 hingga 6.000 meter yang diperuntukan mengawasi wilayah NKRI dari ancaman daerah perbatasan, terorisme, penyelundupan, pembajakan serta pencurian sumber daya alam.

Dua unit prototype berikutnya akan menyusul pada 2020 mendatang, masing-masing untuk tujuan uji terbang dan uji kekuatan struktur di BPPT.

Elfien Goentoro selaku Direktur Utama PT DI mengatakan, kebutuhan pengawasan dari udara yang efisien terus bertambah seiring dengan meningkatnya ancaman daerah perbatasan, terorisme, penyelundupan, pembajakan, serta pencurian sumber daya alam seperti illegal logging dan illegal fishing.

“Inisiasi pengembangan PUNA MALE telah dimulai oleh Balitbang Kemhan sejak tahun 2015 dengan melibatkan TNI, Ditjen Pothan Kemhan, BPPT, ITB, dan PT Dirgantara Indonesia (Persero). Dimana disepakatinya rancangan kebutuhan dan tujuan (DR&O) yang akan dioperasikan oleh TNI khususnya TNI AU,” katanya pada acara Roll Out PUNA di Hanggar PTDI Bandung, Senin (30/12/2019). (IMN/Arah.com)

Share :
You might also like