Subsidi Ongkos Angkut, Pemerintah Pusat Gelontorkan Rp 19 Miliar

Jakarta, airmagz.com – Pemerintah pusat menggelontorkan anggaran Rp 19 miliar khusus untuk penerbangan Subsidi Ongkos Angkut (SOA), di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), di Kaltim.

Sedikitnya 5 rute penerbangan masuk dalam penerbangan SOA di Kaltim, yakni Samarinda-Long Ampung, Samarinda-Data Dawai, Samarinda-Muara Wahau, Data Dawai-Melak dan Samarinda-Maratua.

Direktur Angkutan Udara, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Maria Kristi mengungkapkan, dari seluruh penerbangan ersebut dilakukan pulang pergi (PP) khusus untuk penerbangan di wilayah 3T di Kaltim.

“Seluruh Indonesia, ada 188 rute penerbangan subsidi. 5 diantaranya, ada di Samarinda,” ujarnya saat diwawancara awak Tribunkaltim.co, pada Kamis (16/1/2020), siang, di Bandara APTP Samarinda, usai meresmikan penerbangan subsidi perdana tujuan Samarinda-Maratua.

Penentuan rute yang diluncurkan ini, dikatakan Maria, sesuai dengan kebutuhan yang diajukan oleh Pemprov Kaltim.

Dan penentuannya, ditegaskan olehnya, sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

“Dan penerbangan ini tidak mesti hanya di rute yang disebutkan tadi. Rute penerbangan bisa berubah. Itu semua sesuai dengan usulan dari pemerintah daerah. Kemudian, usulan itu kami sesuaikan dengan peraturan,” tuturnya.

Mengenai perubahan dan penambahan penerbangan, Maria menyebutkan, bisa dilakukan ditingkat darrah dengan berkoordinasi dengan kepala bandara di daerah. Setelah itu, usulan penambahan penerbangan akan dipelajari oleh Kementerian Perhubungan.

“Kami akan menganalisa dulu di pusat. Kalau memang harus diperlukan ada tambahan, ya silahkan saja. Tapi, semua harus diperhitungkan, tingkat permintaannya berapa (Demand), penduduk di sana berapa, pergerakan berapa,” tandasnya. (IMN/Tribun)

Share :
You might also like