Optimalkan Pelayanan AirNav Operasikan Kantor Notam International

Jakarta, AIRMAGZ-Dihadiri dan disaksikan undangan dari seluruh stakeholder penerbangan Indonesia, Airnav Indonesia resmi mengoperasikan Kantor NOTAM Internasional (NOF) yang sebelumnya pengoperasian NOF dilakukan oleh Sub Direktorat Manajemen Informasi Aeronautika (MIA) Ditjenhubud.

Pengalihan pengoperasian kantor notam internasional diresmikan oleh Direktur Navigasi Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Halaman Kantor Cabang JATSC Perum LPPNPI gedung Tower Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu 30 Juli 2015.

Pengoperasian NOF sesuai dengan Undang-Undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan PP No 77 Tahun 2012 Tentang Perum LPPNPI terkait layanan informasi aeronautika yang merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan oleh Perum LPPNPI .

Salah satu produk NOF adalah NOTAM yang merupakan pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, bandar udara, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personel operasi penerbangan. Tujuan penerbitan NOTAM adalah untuk mencapai tujuan informasi penerbangan dalam upaya menjamin kelancaran operasional, keamanan, keselamatan penerbangan, dan kegiatan terkait lainnya. Sebelumnya, Kantor Notam Internasional (NOF) sudah beroperasi sejak tahun 1945 dibawah manajemen Angkasa Pura Kemayoran sampai dengan tahun 1984 dan diteruskan oleh PT Angkasa Pura II sampai dengan tahun 2003.

Selanjutnya pada tahun 2003 s/d 2015 pengelolaan NOF ini dilakukan oleh Sub Direktorat Manajemen Informasi Aeronautika (MIA) Kementerian Perhubungan dengan berkantor di lantai 7 Gedung Karya Kementerian Perhubungan. Hingga pada akhirnya terhitung sejak tanggal 30 Juli 2015 ini akan dioperasikan oleh Perum LPPNPI (AirNav Indonesia).

Dalam sambutannya, Direktur Utama AirNav Indonesia Bambang Tjahjono menjelaskan, secara bertahap layanan terkait Kartografi, desain prosedur dan Aeronautical Information Publication (AIP) yang saat ini masih dilakukan oleh Subdit MIA Ditjenhubud akan beralih pengelolaannya kepada Perum LPPNPI. “Untuk itu Pengalihan NOF ini baru sebagian kecil pekerjaan yang harus bersama-sama kami lakukan dengan Subdit MIA Ditjenhubud dan kedepan akan intens lagi untuk melakukan pengalihan selanjutnya.”

Proses Pengalihan Pengoperasian Kantor NOTAM Internasional telah melalui beberapa tahap yang terstandarisasi, mulai dari Familiarisasi System, Bimbingan Teknik serta prakteknya, Safety assesment hingga shadow operation sampai dengan terjadi peresmian pengalihan pengoperasian pada hari ini.

Di akhir sambutannya, Bambang Tjahjono berharap dukungan dari semua stakeholder penerbangan dan instansi terkait untuk selalu berkoordinasi dengan NOF terkait pertukaran informasi yang akurat dan tepat. Hal ini bertujuan agar layanan informasi yang disampaikan kepada masyarakat penerbangan dapat dipercaya dan aktual. Karena tujuan dari penyampaian informasi yang kredibel dan actual akan  meningkatkan safety dan tercapainya efisiensi penerbangan.(TM/ADV)

Share :
You might also like