Evakuasi Warganya dari Wuhan, Jepang Kirim Pesawat Pertama

Jakarta, airmagz.com – Pemerintah Jepang mengirim pesawat pertama ke Kota Wuhan, China, untuk mengevakuasi ratusan warganya dari wabah virus Corona. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. Pesawat itu akan berangkat pada Selasa (28/1) malam dan kembali ke Jepang pada Rabu (29/1) pagi.

Dilansir dari AFP, Selasa (28/1/2020), pesawat itu akan berangkat pada malam dan kembali ke Jepang pada Rabu (29/1) pagi. Motegi mengatakan pihaknya berencana menambah pesawat tambahan untuk mempercepat proses evakuasi.

“Kami juga akan membawa persediaan bantuan seperti masker dan pakaian pelindung untuk orang-orang China serta warga negara Jepang,” kata Motegi.

Pesawat pertama yang berangkat akan mengevakuasi 200 warga. Sementara itu, ada sekitar 650 warga negara Jepang yang berminat untuk pulang.

Pejabat dan tim kesehatan akan dilibatkan untuk memantau para penumpang. Pemerintah Jepang tak berencana melakukan karantina terhadap warganya yang kembali dari Wuhan.

“Kami akan mengirim sekitar empat orang per pesawat, (yakni) seorang dokter medis, seorang petugas karantina, seorang perawat dan sebagainya. Kami akan melakukan karantina di pesawat dalam perjalanan pulang,” kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan kepada AFP.

Penumpang akan diminta untuk mengisi kuesioner medis dan mengirimkan nomor kontak. Pejabat dari Kementerian Kesehatan lainnya mengatakan penumpang yang mengalami demam tinggi akan dicegah naik pesawat dan warga yang mengalami gejala selama penerbangan akan dikirim segera ke rumah sakit setelah tiba di Jepang.

“Kami juga akan meminta semua penumpang untuk tidak mendekati kerumunan untuk sementara waktu, bahkan jika mereka tidak demam,” katanya.

Mereka yang tinggal di dekat Tokyo akan diizinkan untuk pulang. Sementara, mereka yang tinggal jauh akan tinggal di hotel-hotel di Tokyo.

Kementerian Kesehatan Jepang mengkonfirmasi tujuh kasus virus di Jepang, termasuk satu pria yang belum pernah berpergian ke China. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like