Menhub Percepat Status Bandara Labuan Bajo Jadi Internasional

Jakarta, airmagz.com – Bulan Juni ini satus bandara Labuan Bajo akan ditingkatkan menjadi bandara internasional. Keputusan tersebut diambil Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi untuk mempercepat pembangunan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Budi Karya menyampaikan awalnya bandara tersebut baru akan disahkan sebagai bandara internasional pada tahun 2021.

“Rencananya bandara Labuan Bajo akan disahkan menjadi bandara internasional pada tahun 2021, namun Pak Wishnutama minta untuk dipercepat tahun ini,” katanya dalam acara penandatanganan KPBU di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jum’at (7/2).

Sementara itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio menambahkan bahwa renovasi bandara Labuan Bajo dan peningkatan statusnya menjadi bandara internasional adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Labuan Bajo.

“Ini akan mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara ke Labuan Bajo, dan saya pikir ini sangat penting untuk kemajuan destinasi Labuan Bajo ke depan,” jelasnya.

Dalam mengelola bandara Labuan Bajo, Kemenhub bekerja sama dengan Changi Airport dengan nilai investasi sebesar 1,2 triliun. Sebagai konsorsium Changi mendapatkan izin konsesi selama 25 tahun.

“Kita melakukan ini supaya uang yang digunakan untuk membangun Labuan Bajo kita bisa bangun pelabuhan dan bandara yang ada di Papua, Aceh, Sulut, dan lain sebagainya,” pungkas Budi. (IH)

Share :