Akibat Rem Blong, Pesawat ini Gunakan Bagian Perut untuk Mendarat Darurat

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat Boeing 737 milik maskapai Utair dengan 94 orang di dalamnya melakukan pendaratan keras di barat laut Rusia pada hari Minggu (9/2).

Dikatakan pesawat itu, yang tiba di Bandara Usinsk di Republik Komi sekitar 1.500 kilometer dari Moskow, melakukan pendaratan keras karena geseran angin – perubahan kecepatan dan / atau arah angin yang tiba-tiba. Faktor lainnya adalah karena kerusakan pada roda pendaratan utama pesawat.

Disebutkan bahwa kapten yang menerbangkan pesawat merupakan pilot berpengalaman dengan 69.000 jam terbang.

“Karena tindakan cepat dan sangat profesional dari para kru, pesawat itu dapat aman di landasan sampai berhenti sepenuhnya,” kata maskapai itu, dilansir dari laman FlightGlobal, Senin (10/2).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, akan tetapi sejumlah penumpang dikabarkan mengalami luka ringan. Pihak maskapai pun langsung menerjunkan tim untuk menyelidiki kecelakaan.

“Spesialis Utair telah terbang ke Usinsk untuk menganalisis informasi penerbangan dan menentukan penyebab dari apa yang terjadi,” kata maskapai.

Gambar-gambar yang diposting di situs web pemerintah daerah dan kementerian situasi darurat menunjukkan pesawat itu terdampar di atas landasan pacu yang sebagian tertutup salju.   (DP)

Share :