Boeing Australia Selesaikan First Loyal Wingman Fuselage

Jakarta, airmagz.com – Tim Boeing Australia baru-baru ini menyelesaikan perakitan struktural pesawat utama untuk Loyal Wingman pertama. Pesawat ini adalah salah satu dari tiga prototipe yang akan dikembangkan sebagai bagian dari Loyal Wingman – Advanced Development Program dalam kemitraan dengan Royal Australian Air Force (RAAF).

“Ini merupakan tonggak untuk program pengembangan, dan industri dirgantara Australia, karena kami maju dengan produksi pesawat militer pertama yang akan dikembangkan di Australia dalam lebih dari 50 tahun,” kata Dr. Shane Arnott, Direktur program, Boeing Airpower Teaming System (ATS).

Tim Australia telah menerapkan rekayasa digital dan material komposit canggih untuk mencapai tujuan biaya dan ketangkasan pesawat 38-kaki (11,7 meter) yang dirancang untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam bekerja sama dengan platform berawak dan tak berawak lainnya.

“Kemitraan dengan Boeing adalah kunci untuk membangun pemahaman kita tidak hanya implikasi operasional untuk kendaraan jenis ini, tetapi juga membuat kita sebagai pelanggan yang cerdas karena kami mempertimbangkan opsi untuk tim tanpa awak dalam dekade mendatang,” kata Komodor Udara Darren Goldie, Direktur Jenderal Kemampuan Tempur Udara RAAF. 

Ia menilai Boeing mengalami kemajuan sangat baik dengan perkembangannya dan kami berharap dapat melihat produk akhir dalam beberapa bulan mendatang.”

Prototipe Loyal Wingman pertama ini akan memberikan pelajaran penting menuju produksi ATS, yang sedang dikembangkan Boeing Australia untuk pasar pertahanan global. Pelanggan akan dapat menyesuaikan sensor dan sistem ATS berdasarkan pada tujuan pertahanan dan industri mereka sendiri.

Tonggak utama berikutnya adalah bobot pada roda, ketika struktur badan pesawat bergerak dari jig perakitan ke roda pendaratan pesawat sendiri untuk melanjutkan instalasi sistem dan pengujian fungsional. Pesawat ini diharapkan menyelesaikan penerbangan pertamanya tahun ini. (IH)

Share :