Kementerian PUPR Siap Optimalkan Fungsi Tampungan Air Embung Proppo di Kabupaten Pamekasan

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mewujudkan ketersediaan air di Kabupaten Pamekasan dalam rangka mengatasi kekeringan di kabupaten tersebut. Pada tahun 2019, sebanyak 325 dusun di 13 kecamatan dilanda kekeringan, hal ini menyebabkan para warga terpaksa mencari air bersih hingga lebih dari 3 kilometer.

Pada tahun 2016 telah dibangun embung seluas 1 hektar dengan kapasitas 80.000 m3 di Kecamatan Proppo, yang dilanjutkan kembali pembangunannya pada 2019. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Pamekasan bersama mitra kerja Komisi V DPR RI, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Nurhayati menekankan perlu segera direalisasikannya pembangunan embung seluas 3 Ha yang telah diusulkan oleh Pemerintah Daerah. Hal tersebut diharapkan dapat menambah pasokan air bagi warga Kabupaten Pamekasan.

“Untuk usulan perluasan pembangunan embung tersebut sudah dimasukan dalam program kegiatan 2021 dengan anggaran Rp 25 miliar,” kata Saroni Sugiarto, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR.

Saroni mengatakan agar Pemerintah Kabupaten Pamekasan dapat menyampaikan lokasi-lokasi yang berpotensi untuk dibangun tampungan air. Selain itu Saroni juga mendorong peran aktif Pemerintah Daerah dalam menyediakan lahan dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak menimbulkan konflik sosial.

Untuk mengoptimalkan manfaat dari pembangunan embung tersebut, Kementerian PUPR juga akan membangun Waste Treatment Plant (WTP) Samiran berkapasitas 50 liter/detik dengan anggaran Rp 39 miliar. WTP ini nantinya akan menambah layanan hingga 14% atau 22.500 jiwa penduduk dengan 4.500 sambungan rumah di Kabupaten Pamekasan dan Tlanakan.

Dalam kunjungan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pamekasan juga menyampaikan usulan pembanguann Kapong dengan kapasitas 30 liter/detik sebesar Rp 29 miliar. WTP ini nantinya akan menambah layanan untuk 12.000 jiwa dan 2.400 sambungan rumah di Kecamatan Waru, Pasean dan Batumarmar di Kabupaten Pamekasan. (IMN/KementerianPUPR)

Share :
You might also like