Boeing Lunasi Dana Tanggungan Korban Kecelakaan Lion Air dan Ethiopian Airlines

Jakarta, airmagz.com – Boeing telah memberikan sisa dana tanggungan sebesar 50 juta USD kepada keluarga korban kecelakan Lion Air Flight 610 dan Ethiopian Airlines. Sebelumnya Boeing sudah memberikan uang dengan nominal yang sama dari total 100 juta USD yang dijanjikan kepada keluarga korban dan masyarakat yang terdampak kecelakaan tersebut.

Wakil Presiden Eksekutif Operasi Boeing Tim Keating mengatakan butuh waktu berbulan-bulan semenjak pemberian dana tanggungan pertama sampai pelunasannya sekarang.

“Setelah berbulan-bulan berdiskusi panjang lebar dengan keluarga korban, pejabat pemerintah, tokoh masyarakat dan lainnya, kami memutuskan jalan yang terbaik, baik bagi mereka yang kehilangan orang yang dicintai maupun masyarakat yang terkena dampak kecelakaan ini,” kata Tim Keating, Wakil Presiden Eksekutif Operasi Boeing.

Seperti sebelumnya untuk distribusi dan pengalokasian dana, Boeing menunjuk Ken Feinberg dan Camille Biros untuk menyeleksi lembaga amal yang sesuai dengan kriteria perusahaan untuk mengelola uang tersebut. Keating menilai Ken Feinberg dan Camille Biros telah berhasil mengelola dana yang tidak sedikit tersebut.

“Ken Feinberg dan Camille Biros telah membuat kemajuan luar biasa dalam pengelolaan dana ini. Mengingat keberhasilan dan kepercayaan yang telah mereka bangun dengan keluarga, kami sekarang telah meminta Ken dan Camille untuk mengawasi pekerjaan penting yang menghubungkan keluarga dengan organisasi amal yang mereka anggap paling terpercaya,” pungkasnya.

Kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 milik milik Ethiopian Airlines jatuh tak lama setelah lepas  landas dari Addis Ababa, menewaskan 157 orang di dalamnya pada Minggu 10 Maret 2019 dan bebrapa bulan sebelumnya, tepatnya 29 Oktober 2018, pesawat jenis sama yang digunakan dalam penerbangan Lion Air JT610 jatuh di Laut Jawa dan menewaskan 189 penumpang dan awak yang dibawa. (IH)

Share :
You might also like