Kerja Sama Pengembangan SDM Penerbangan, BPSDM Perhubungan Mou dengan Pemda Kepulauan Tanimbar

Jakarta, airmagz.com – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Tanimbar, Jayapura, Papua menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) pendidikan dan pelatihan SDM penerbangan. Penandatanganan kesepakatan bersama dilakukan oleh Sekretaris BPSDM Perhubungan, M. Popik Montanasyah dan Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon di Jayapura, Jumat (21/2).

Sekretaris BPSDM Perhubungan M. Popik Montanasyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu daerah dan masyarakat. Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya seperti SDM, perangkat kelembagaan, serta kemampuan membuat riset dan kajian, maka eksistensi perguruan tinggi merupakan salah satu agen pembangunan di daerah.

“Kita berharap dengan adanya momentum penandatanganan kesepakatan bersama ini dapat memperkuat komitmen kita, baik itu Pemda Kepulauan Tanimbar maupun BPSDM Perhubungan melalui Politeknik Penerbangan Jayapura untuk terus berkiprah dan berkarya nyata dalam memajukan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarkat Kepulauan Tanimbar,” kata Popik.

Popik menuturkan, hal yang paling utama adalah Politeknik Penerbangan Jayapura dan Pemkab Kabupaten Tanimbar turut serta dan terus berpatisipasi aktif membangun SDM daerah yang berkualitas unggul dengan meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat.

“Saya juga berharap dengan potensi SDM berkualitas di Politeknik Penerbangan Jayapura dapat memberikan kontribusi terbaik bagi percepatan pembangunan di Kepulauan Tanimbar di segala bidang,” imbuhnya.

Membangun SDM berkualitas unggul, lanjut Popik, mempunyai makna yang sangat strategis bagi pembangunan daerah untuk jangka panjang. Hal ini sesuai dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas dan kompetensi SDM guna menunjang percepatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka menuju Indonesia Maju tahun 2045.

Sebagai upaya menuju Indonesia Maju 2045, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala BPSDM Perhubungan Sugihardjo menekankan pentingnya mencetak SDM sektor transportasi yang unggul dan berkualitas tinggi sehingga mampu bersaing di kancah internasional.

Adapun ruang lingkup kesepakatan bersama ini diantaranya meliputi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bidang penerbangan, penyediaan sumber daya manusia untuk kebutuhan pegawai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagai tindak lanjut kesepakatan bersama dimaksud, pada kesempatan tersebut dilakukan juga penandatanganan nota kesepakatan kerja sama antara Politeknik Penerbagan Jayapura dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tanimbar.

Direktur Politeknik Penerbangan Jayapura Benny Suherman dalam sambutannya mengatakan bahwa sebagai lembaga yang berada di bawah naungan BPSDM Perhubungan, Politeknik Penerbangan Jayapura memiliki tugas menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi, terutama di bidang penerbangan dalam upaya menghasilkan SDM yang berkualitas dan bertaraf internasional.

“Penandatanganan perjanjian kerja sama ini menjadi landasan dalam melakukan kerja sama yang saling mendukung dalam mempersiapkan SDM yang andal, terampil, dan kompeten di Kepulauan Tanimbar,” kata Benny.

Benny melaporkan bahwa pada tahun 2019, Politeknik Penerbangan Jayapura juga telah melakukan pelatihan kepada masyarakat Kepulauan Tanimbar melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) dengan jumlah peserta sebanyak 320 orang.

Benny berharap dengan adanya penandatanganan kesepakatan bersama ini Politeknik Penerbangan Jayapura dapat segera mengembangkan SDM di Kabupaten Kepulauan Tanimbar melalui pendidikan dan pelatihan. (IMN)

Share :
You might also like