Maskapai Ramai-Ramai Batalkan Penerbangan ke Korsel Karena Virus Corona

Jakarta, airmagz.com – Beberapa maskapai penerbangan menunda penerbangan ke Korea Selatan akibat penyebaran virus corona yang semakin intens di negara tersebut. Berdasarkan informasi dari South China Morning Post, virus corona telah menginfeksi hampir 900 orang di Korea Selatan, delapan di antaranya meninggal, Pada 24 Februari 2020, pemerintah Hong Kong mengumumkan pembatasan perjalanan pada orang-orang yang datang dari Korea Selatan.

Pembatasan tersebut berlaku efektif mulai 25 Februari 2020. Bagi mereka non-warga Hong Kong punya sejarah perjalanan ke Korea Selatan selama 14 hari terakhir, juga tidak akan diizinkan masuk ke Hong Kong. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika Serikat telah menetapkan peringatan perjalanan tingkat tiga ke Korea Selatan. CDC memperingati warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke sana, khususnya yang tak penting.

Berikut ini daftar beberapa maskapai penerbangan yang menunda penerbangan ke Korea Selatan untuk sementara seperti dilansir dari Business Traveller pada Selasa (25/2/2020).

1. Air New Zealand

Air New Zealand mengumumkan pada 24 Februari bahwa mereka akan menunda rute Auckland-Seoul Incheon untuk sementara mulai 8 Maret hingga 30 Juni 2020. Maskapai penerbangan tersebut mengungkapkan bahwa terjadi penurunan pemesanan rute Auckland ke Seoul akibat wabah virus corona.

Berdasarkan informasi dari maskapai penerbangan tersebut, para konsumen yang terkena dampak penundaan penerbangan akan dihubungi secara langsung dengan pilihan rute lain dalam waktu dekat. Sementara mereka yang memesan via travel agent akan dikontak oleh agen pemesanan yang mereka gunakan.

2. Bamboo Airways

Maskapai penerbangan asal Vietnam, Bamboo Airways, mengumumkan pada 24 Februari bahwa mereka akan menunda penerbangan ke Korea Selatan yang biasanya mereka lakukan dua kali dalam sehari. Rute Da Nang – Seoul Incheon dan Nha Trang – Seoul Incheon akan dihentikan untuk sementara mulai 26 Februari 2020. Penundaan ini dilakukan karena dianggap sangat penting untuk secara aktif berkontribusi mencegah penyebaran wabah virus corona.

Bamboo Airways belum mengumumkan lebih lanjut kapan mereka akan melanjutkan rute penerbangan ke Korea Selatan. Mereka hanya akan mengoperasikan kembali penerbangan tersebut hingga wabah virus corona bisa terkendali.

3. Cathay Pacific

Maskapai penerbangan asal Hong Kong, Cathay Pacific pada 25 Februari menghentikan rute Hong Kong – Seoul untuk keberangkatan Maret 2020. Hal ini dilakukan berdasarkan keputusan pemerintah Hong Kong untuk menetapkan pembatasan perjalanan untuk non-warga Hong Kong dari Korea Selatan. Sebelumnya, Cathay Pacific mengatakan pada 22 Februari 2020 lalu, mereka akan menunda untuk sementara penerbangan ke Jeju dan Busan sampai 28 Maret 2020 mendatang.

Pemesanan kembali, pengalihan rute, dan dana refund akan diberikan untuk semua tiket yang sudah dibeli pada atau sebelum tanggal 24 Februari.  Hal tersebut berlaku untuk pemesanan tiket dengan Cathay Pacific dan Cathay Dragon untuk rute Hong Kong – Korea Selatan keberangkatan 25 Februari sampai 31 Maret 2020.

4. Hong Kong Airlines

Hong Kong Airlines mengumumkan pada 22 Februari bahwa mereka akan menunda penerbangan antara Hong Kong dan Seoul Incheon untuk keberangkatan 22 Februari hingga 28 Maret 2020. Hong Kong Airlines mengatakan bahwa mereka akan mengeluarkan penawaran khusus untuk penerbangan ke Incheon, Seoul mulai 2 Maret mendatang.

5. Japan Airlines

Pada 21 Februari 2020 lalu, Japan Airlines mengatakan bahwa mereka akan menunda sementara penerbangan menuju Seoul dan Busan untuk keberangkatan 1 – 29 Maret 2020. Walaupun begitu, Japan airlines tetap akan mengoperasikan penerbangan ke dua kota tersebut dalam hari-hari tertentu.

6. Singapore Airlines

Singapore Airlines dan Silkair telah membuat beberapa penyesuaian sementara untuk beberapa rute akibat wabah virus corona. Maskapai penerbangan ini pertama kali mengumumkan akan mengurangi layanan ke beberapa destinasi, termasuk Seoul pada 18 Februari 2020 lalu.

Singapore Airlines kemudian mengumumkan daftar terbaru dari penerbangan yang dibatalkan pada 24 Februari 2020. Singapore Airlines akan mengurangi penerbangan antara Singapura dan dua destinasi yakni Seoul dan Busan untuk hari-hari tertentu dari Februari sampai Mei 2020.

7. Thai Airways

Thai Airways sebelumnya telah mengumumkan pengurangan layanan ke Korea Selatan pada 15 Februari 2020. Maskapai penerbangan ini akan mengurangi rute Bangkok-Busan mulai 5 – 26 Maret 2020. Biasanya, Thai Airways menawarkan lima penerbangan pulang-pergi setiap minggunya di antara dua kota tersebut.

Selain itu, Thai Airways juga akan mengurangi penerbangan untuk rute Bangkok-Seoul dari lima penerbangan per hari jadi empat penerbangan per hari mulai 26 Februari – 29 Maret 2020. (IMN/Kompas.com)

Read MoreVirus Corona, Korea Selatan Siaga dan Waspada

Share :
You might also like