Indonesia Darurat Corona, Malaysia Pulangkan Warganya

Jakarta, airmagz.com – Pemerintah Malaysia mengimbau warganya yang ada di Indonesia untuk melaporkan diri ke Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta jika menemui kesulitan untuk pulang ke negara itu akibat tidak mendapat pesawat.

Pengumuman itu dikeluarkan di tengah semakin banyaknya orang yang terjangkit virus corona baru (COVID-19) di Indonesia. Juga, akibat pengurangan frekuensi penerbangan yang dilakukan beberapa maskapai setelah Malaysia menerapkan penguncian (lockdown) untuk mengurangi penyebaran wabah yang mematikan itu.

“Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta ingin mengumumkan bahwa setelah diterapkannya Perintah Kontrol Gerakan oleh Kerajaan Malaysia untuk 18-31 Maret 2020, beberapa maskapai penerbangan telah mengurangi frekuensi penerbangan mereka antara Malaysia dan Indonesia,” tulis pengumuman tersebut di akun resmi media sosial Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, dikutip Minggu (22/3/2020).

“Akibatnya, orang Malaysia yang tinggal di Indonesia yang ingin pulang ke rumah menghadapi kesulitan. Dalam hal ini, warga Malaysia yang menggunakan penerbangan Malaysia Airlines dan yang terkena dampak pengurangan frekuensi ini dapat mengisi formulir dihttps://bit.ly/3bewZJT. Jika perlu, warga Malaysia dapat menghubungi Bapak Abdul Razak Ab Hamid, Pejabat Pengurus Wilayah MAS di Indonesia di +62 811 1219 660.”

Sementara itu, bagi warga yang ingin kembali ke Malaysia dengan maskapai Air Asia, maka diminta menghubungi Kristina Ariyanti, Air Asia Officer di +62 878 7716 8570 atau Richard +62 819-2226-663 mulai pukul 08.00 hingga 19.00 malam untuk meninjau jadwal penerbangan Air Asia yang ada.

“Warga Malaysia yang membutuhkan bantuan konsuler dapat menghubungi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta dengan mengirim email ke mwjakarta@kln.gov.my dan jkonsular@gmail.com atau menghubungi Satuan Tugas di +62 813 8081 3036,” jelasnya.

Antisipasi terhadap kesulitan penerbangan ini dikeluarkan setelah beberapa maskapai yang memiliki rute penerbangan internasional dari dan menuju Malaysia, banyak yang ditutup sementara operasinya akibat pengumuman lockdown. Itu termasuk Lion Air Group dari Indonesia.

Sebelumnya, Malaysia resmi memberlakukan aturan lockdown guna menekan penyebaran virus corona per tanggal 18 Maret 2020. Lockdown ini akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang.( cnbcindonesia.com)

Share :
You might also like