AS Siapkan Bantuan ke Bandara dan Pinjaman untuk Maskapai

Jakarta, airmagz.com – Senat Republik Amerika Serikat usulkan paket stimulus untuk pencegahan virus corona (Covid-19). Paket yang mencakup bantuan tunai ini akan ditujukan ke bandara, sistem transit, dan kereta api penumpang Amstrak.

Total bantuan paket stimulus ini mencapai USD31 miliar. Namun, bantuan kepada maskapai hanya berupa pinjaman senilai USD50 miliar.

Dilansir Reuters, Senin (23/3), paket stimulus tersebut tertuang dalam proposal dengan total halaman hampir 600 halaman. Paket diberikan dalam bentuk hibah dengan rincian USD10 miliar untuk bandara, USD20 miliar untuk sistem transit, dan sekitar USD1 miliar untuk Amtrak.

Amtrak dan sistem transit diketahui telah menyerukan kehilangan pendapatan besar-besaran karena jumlah penumpang yang turun secara dramatis hingga 90 persen. Penyebabnya, puluhan juta orang Amerika diperintahkan untuk tinggal di rumah untuk menekan penyebaran penyakit Covid-19.

Amtrak telah memangkas layanan, sementara bandara sudah kehilangan setidaknya USD13,9 miliar  pada 2020. Pihak bandara juga sudah memperingatkan kemungkinan gagal bayar kewajiban obligasi.

Di sisi lain, rancangan beleid ini tidak memberikan bantuan tunai kepada maskapai. Senat Republik mengusulkan, pemberian pinjaman hingga USD50 miliar untuk maskapai penumpang dan USD8 miliar untuk perusahaan kargo.

Rancangan regulasi juga menyediakan USD17 miliar untuk bisnis yang dinilai penting menjaga keamanan nasional. Sekitar USD425 miliar lain disisihkan untuk pinjaman ke bisnis lain yang terkena dampak pandemi. (DP)

Share :
You might also like