Tak Mudah Berkarier dari Bawah

Jaringan franchise kuliner Tekko kini sudah merambah ke sejumlah kota besar di tanah air. Jumlahnya mencapai 46 cabang, 41 cabang diantaranya berada di wilayah Jabodetabek dan 5 cabang lainnya tersebar di Batam, Yogyakarta, Palembang, dan Jambi. Cabang  terbaru berada di pusat perbelanjaan Jogja City Mall yang diresmikan pada 16 Desember lalu. Dengan mengusung menu dan cita rasa rumahan, Tekko mampu menggaet banyak pelanggan setianya.

Masifnya ekspansi Tekko ke sejumlah kota yang  ditunjang pemberitaan positif, ternyata tidak bisa dilepaskan dari sosok Sidik Kadarsyah. Pria yang didaulat sebagai Manajer Marketing dan PR ini aktif mempromosikan resto tersebut kepada insan media.

“Tugas saya memang me-maintenance relationship dengan wartawan, karena mereka punya andil terhadap kemajuan Tekko. Selain itu saya juga mencari klien mulai dari perorangan, family hingga corporate. Ada yang sekedar makan, membuat acara ulang tahun, hingga gathering kantor. Tugas ini sudah saya jalani selama 7 tahun,” ujar Sidik.

Bapak tiga anak ini mengawali kariernya di dunia perhotelan, dari posisi di public area ke bagian laundry lalu dipromosikan ke room boy. Kariernya meningkat menjadi order taker sebelum akhirnya diminta mengisi admin Public Relation di Hotel Aston Senen. Rupanya kesempatan berada di dunia PR menjadi titik balik hidupnya hingga seperti sekarang ini.

“Saya benar-benar dari nol, nggak punya background pendidikan perhotelan. Ijazah saya cuma SMA. Tidak mudah berkarier dari bawah, tapi saya selalu kerja keras dan perusahaan menghargai apa yang saya kerjakan. Jujur, saya nggak  punya pengalaman jadi PR tapi atasan saya waktu itu dengan sabar mengajarkan ilmunya dan saya dianggap bisa,” kenang Sidik.

Benar saja, setelah naik menjadi Assistant Manager di Hotel Lumire, pria kelahiran 1 Mei 1975 ini ditawari menjadi PR Manager di Hotel Acacia, Jakarta. Tak berapa lama ia berpindah lagi ke Hotel Alila dengan jabatan yang sama sebelum akhirnya dipinang Tekko menjadi Manager Marketing sekaligus PR perusahaan.

“Kalau dibanding di hotel, memang tantangannya lebih besar karena jaringannya lebih luas, ada restoran, kamar, fitness, laundry dan lain-lain. Dengan begitu klien yang kita temui juga beragam. Tapi sejauh ini saya menikmati pekerjaan ini dan Boss juga ingin saya tetap di sini,” pungkasnya. (SS)

Sidik Kadarsyah

(Manajer Marketing & PR Tekko

Share :