Indonesia Segera Ambil Alih FIR Yang Dikuasai Singapura

Jakarta, Airmagz – Presiden Jokowi menginstruksikan agar Flight Information Region (FIR) yang selama ini dikuasai oleh Singapura segera diambil alih. Dia meminta Kementerian Perhubungan mempersiapkan peralatan dan personel untuk mengelola ruang udara yang dimaksud.

Menurut Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, sebelum melakukan negosiasi terkait FIR dengan Singapura, yang harus dilakukan modernisasi peralatan, meningkatkan jumlah dan mutu personel.

“Arahan Presiden, bahwa kita dalam 3-4 tahun ini mempersiapkan peralatan-peralatan dan personel yang lebih baik. Sehingga ruang udara kita dapat dikelola sendiri oleh Indonesia,” ujar Menhub Ignasius Jonan, seperti yang dikutip dari detikcom, Selasa (8/9/2015).

Selama ini, lanjut Jonan, FIR yang mencakup Kepulauan Riau, Tanjungpinang, dan Natuna berada dalam kendali Singapura. Selain itu ada juga di perbatasan Indonesia-Malaysia seperti, Sarawak dan Semenanjung Malaka. “Kita juga akan berbicara dengan Malaysia-Singapura. Kalau sudah siap akan ada pengalihan, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,” kata Jonan.

Terkait dengan penerbangan sipil (komersial), dari segi pendapatan negara, tidak ada masalah ruang udara dikendalikan oleh negara manapun. Setiap pesawat yang melintas memang dikenakan biaya penerbangan. Meski begitu, Jonan menegaskan biaya tersebut nantinya akan diserahkan kepada Indonesia.

Terkait FIR, selama ini Indonesia juga mengelola FIR negara lain. Di antaranya Christmas Island, Timor Leste dan Auckland.

Share :
You might also like