Uni Emirat Arab Kirim Pesawat Bantuan Kesehatan ke Italia

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat bantuan dari Uni Emirat Arab membawa sepuluh ton pasokan medis untuk dikirim ke Italia. Diperkirakan ini dapat membantu lebih dari 10 ribu ahli kesehatan di sana.

Dilansir Gulfnews, inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen UEA untuk bekerja sama dengan negara-negara yang terdampak corona (Covid-19). Harapannya, langkah ini bisa meningkatkan upaya global untuk mengurangi penyebaran virus asal Wuhan tersebut.

“Sejak didirikan menjadi sebuah negara, UEA telah berkomitmen untuk memperluas bantuan kepada negara-negara dan orang-orang dalam kesulitan,” kata Duta Besar UEA untuk Republik Italia, Omar Obaid Al Shamsi, Rabu (8/4).

UEA berkolaborasi dengan organisasi kesehatan dunia, WHO. Selain itu, UEA menyediakan bantuan ke berbagai negara, termasuk China, Iran, Afghanistan, Pakistan, dan Seychelles untuk membantu negara-negara mengatasi krisis ini.

Duta Besar UEA mengatakan bahwa bantuan UEA ke Italia akan memungkinkan staf medis dalam melakukan tugas profesional mereka dengan aman dalam memerangi penyebaran virus. Dia menunjukkan bahwa kepemimpinan dan masyarakat UEA berpihak kepada Italia dan negara-negara yang mengalami penyebaran COVID-19.

Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio, mengapresiasi bantuan yang diberikan dari UEA. Menurutnya, bantuan itu melambangkan solidaritas antara kedua negara dan merupakan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh dokter, perawat dan staf medis Italia.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dan warga UEA. Bantuan yang diberikan memungkinkan bagi ribuan orang Italia untuk bisa melindungi diri mereka sendiri dan bekerja dalam melindungi nyawa orang lain.

“Kami saat ini mengalami fase yang hanya dapat digambarkan sebagai perang melawan musuh tak terlihat yang dilakukan oleh personel medis kami. Dan peralatan pelindung pribadi yang diberikan hari ini dari UEA ke Italia adalah senjata kami dalam pertempuran itu. Kami menganggap gerakan ini akan mewujudkan solidaritas dalam praktik dan bantuan di lapangan,” kata Menteri Luar Negeri Italia, Luigi Di Maio.

Dalam situasi yang sulit bagi Italia, tak hanya kesehatan yang terkena dampak dari virus Corona. Namun, ekonomi negara. “Italia tidak akan pernah melupakan negara-negara yang mendukungnya selama periode yang sulit ini yang bukan hanya krisis kesehatan tetapi juga ekonomi dan masyarakat,” tambah Di Maio. (DP)

Share :
You might also like