Airbus Rancang Super Puma Untuk Bawa Pasien COVID-19 di Norwegia Utara

Jakarta, airmagz.com – Di Norwegia, operator helikopter Super Puma Lufttransport bereaksi cepat terhadap permintaan mendesak dari Layanan Ambulans Udara Norwegia (Luftambulansetjenesten) untuk memberikan solusi terhadap pengangkutan korban COVID-19 ke rumah sakit di utara negara itu.

Luftambulansetjenesten, seperti layanan lainnya, telah beralih ke sistem isolasi dan transportasi EpiShuttle dari EpiGuard of Oslo untuk membawa pasien ke rumah sakit tanpa risiko terkontaminasi kendaraan dan staf. Tetapi sistem ini terlalu besar untuk digunakan pada pesawat bersayap kecil yang dioperasikan pada penerbangan EMS dari landasan pacu pendek di utara Norwegia.

Lufttransport memiliki AS332 L1 Super Puma yang sedang diperbaiki di fasilitas Stavanger di Heli One. “Di utara kami memiliki ketebala salju dua meter dan salju sering turun kembali, sehingga Super Puma ini sesuai dengan yang dibutuhkan. Heli One melakukan pekerjaan yang hebat untuk menyiapkannya dan kemudian kami menerbangkannya ke markas kami di Tromsø,” kata Luftransport COO Kjetil Indrevik, dalam laman resmi Airbus, Rabu (8/4).

Pesawat ini baru digunakan oleh penjaga pantai Islandia dan interior EMS dari Air Ambulance Technology Austria harus dipasang, diuji, dan disertifikasi Epishuttle dengan cepat. Hanya sembilan hari setelah permintaan awal, Super Puma beroperasi di Tromsø di mana ia digunakan untuk menerbangkan pasien yang berada dari jarak jauh ke Rumah Sakit Universitas Norwegia Utara (UNN). Dua pilot Lufttransport, dan satu teknisi mengoperasikan pesawat dengan satu dokter dan dua paramedis dari UNN yang merawat pasien dalam kapsul EpiShuttle.

“Biasanya mereka menerbangkan misi SAR di Svalbard, dan beberapa pilot kami telah beroperasi di daerah ini selama sekitar 20 tahun, sebagai pilot HEMS dan mereka tahu setiap gunung,” ujar Indrevik.

Kru helikopter merasa nyaman dengan menerbangkan pasien COVID-19, sebagian karena mereka percaya pada EpiShuttle dan sistem pendingin udara Super Puma mengalirkan udara ke belakang kabin. Itu adalah prosedur yang baik agar mencegah kontaminasi pada kru. (IH)

Share :
You might also like