Akibat Corona, Korean Air Rumahkan 13.300 Karyawan

Jakarta, airmagz.com – Wabah corona semakin menghantam industri penerbangan. Beberapa perusahaan yang bergerak di sektor tersebut lakukan berbagai cara untuk menyelamatkan bisnisnya. Entah itu Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ataupun menyetop operasi penerbangan.

Salah satu pelaku bisnis penerbangan yang terdampak adalah Korean Air. Dilansir dari AFP, maskapai asal Korea Selatan ini memutuskan untuk merumahkan 70 persen karyawannya atau 13.300 dari total karyawan 19 ribu. Mereka diminta cuti dengan bayaran 70 persen dari upah bulanan mereka.

Kebijakan ini ditempuh sebagai upaya manajemen mengurangi tekanan pendapatan di tengah pemangkasan rute dan frekuensi terbang, termasuk ribuan penerbangan yang telah dibatalkan. “Perusahaan mengalami gejolak keuangan,” tulis manajemen, Rabu (8/4).

Kebijakan merumahkan karyawan, kata manajemen, dimulai 16 April dan berlaku selama enam bulan. Sedangkan gaji yang diberikan bagi karyawan yang dirumahkan berasal dari kantong perusahaan, termasuk stimulus yang diberikan pemerintah setempat sebagai bantuan penanganan pandemi virus corona terhadap dunia usaha.

Serikat Pekerja Korean Air sepakat untuk mengambil program cuti berbayar itu sebagai bagian dari peran karyawan berbagi beban. Selain karyawan, eksekutif perusahaan pun merelakan gaji mereka. (DP)

Share :
You might also like