Maskapai di AS Pangkas Kegiatan Penerbangan Domestik

Jakarta, airmagz.com – Pandemi corona (Covid-19) menjadi momok bagi pelaku bisnis penerbangan. Maskapai-maskapai di Amerika Serikat mulai pangkas kegiatan operasionalnya.

Dilansir CNN, maskapai yang mengurangi kegiatan ini adalah United Airlines dan American Airlines. Hal ini disebabkan karena anjuran pemerintah di negara bagian untuk mengurangi jumlah penerbangan yang dilakukan para pejabatnya. Selain itu ada juga anjuran agar para masyarakat tinggal di rumah dalam sementara waktu.

Dalam kasus American Airlines, mereka biasa menerbangankan 170 pesawat dari Bandara LaGuardia, 80 pesawat dari Bandara Internasional John F. Kennedy (JFK), dan 21 pesawat dari Bandara Internasional Newark Liberty di hari biasa.

Namun mulai 7 April hingga 6 Mei mendatang, maskapai ini akan menererbangkan delapan penerbangan setiap harinya. Penerbangan ini terbagi dari Bandara LaGuardia, tiga dari JFK, dan dua Newark. Sedangkan penerbangan tambahan dari Newark ke Chicago akan ditangguhkan pada 9 April.

Sedangkan untuk United Airlines, maskapai ini memilih menarik mundur armadanya sejauh yang bisa dilakukan. Wakil Presiden Komunikasi United Airlines Stephen Restivo mengatakan, United Airlines akan mengoperasikan dua penerbangan dari LaGuardia dan 15 di Newark.

Perusahaan menyuruh karyawan untuk tinggal di rumah dan meyakinkan mereka bahwa gaji tetap bayar. United Airlines juga bekerja sama dengan pemerintah New York City, menawarkan perjalanan gratis bagi dokter, perawat, dan profesional medis lainnya yang merawat korban virus Corona.

Wali Kota New York, Bill de Blasio, mengumumkan pada hari Jumat bahwa JetBlue dan United Airlines menawarkan penerbangan pulang pergi gratis untuk sukarelawan medis yang bepergian ke Kota New York. (DP)

Share :
You might also like