Tolak Kembalikan Dana, Maskapai Ini Dituntut ke Pengadilan

Jakarta, airmagz.com – Maskapai United Airlines dituntut seorang penumpang pesawat karena mereka menolak mengembalikan dana untuk tiket yang dibatalkan. Penumang yang bernama Jacob Rudolph ini mengajukan gugatan ke Pengadilan Federal Chicago setelah United Airlines menolak menyetujui pengembalian yang diajukan Rudolph.

Diketahui, pria itu membatalkan penerbangan yang dijadwalkan dari Hilton Head Island, Carolina Selatan, menuju Minneapolis pada 4 April lalu.

“United telah terlibat dalam perilaku yang tidak adil dan menipu melalui kebijakannya untuk mengeluarkan pengembalian uang, membatasi dan memaksa pelanggan ke penerbangan rebooked atau voucher perjalanan, alih-alih mengembalikan uang mereka,” ujar Rudolf seperti yang dilansir dari The Independent.

Rudolph mengatakan bahwa pihak maskapai tidak mau mengembalikan refund yang ia ajukan dengan uang, melainkan voucher perjalanan. Padahal, di situasi saat masyarakat Amerika sedang menjalani karantina, mereka memerlukan uang untuk membeli kebutuhan pokok, seperti makanan dan membayar sewa tempat tinggal.

Rudolph juga mengungkapkan bahwa maskapai United mengklaim voucher yang diberikan merupakan prosedur yang sesuai dengan hak hukum maskapai tersebut. Namun, Departemen Transportasi AS pekan lalu memperingatkan bahwa semua maskapai berkewajiban mengembalikan uang untuk penerbangan yang dibatalkan.

“Perusahaan penerbangan AS dan asing tetap berkewajiban untuk memberikan pengembalian uang secepatnya kepada penumpang untuk penerbangan ke, di dalam, atau dari Amerika Serikat ketika maskapai membatalkan penerbangan atau membuat perubahan jadwal. Dan penumpang tidak menerima alternatif yang ditawarkan oleh pihak maskapai, ” kata Departemen Transportasi AS.

Selain itu, Departemen Transportasi AS mengatakan belakangan ini jumlah keluhan yang diberikan penumpang meningkat tajam. Para penumpang mengatakan telah menerima penolakan pengembalian uang oleh maskapai untuk jadwal penerbangan yang dibatalkan.

Juru bicara United Airlines mengatakan bahwa semenjak virus corona mewabah, pihaknya telah membuat banyak kebijakan baru, salah satunya terkait mengganti pengembalian dana tanpa biaya. Penumpang dapat secara otomatis memesan ulang perjalanan yang memenuhi syarat ke penerbangan alternatif tanpa biaya atau meminta sertifikat perjalanan elektronik, sehingga mereka dapat memilih penerbangan di masa yang akan mendatang.

“Pelancong yang memenuhi syarat dalam penerbangan domestik dan pelanggan dengan tiket internasional dapat meminta pengembalian dana di United.com atau dapat menghubungi pusat kontak kami,” kata juru bicara United Airlines. (DP)

Share :
You might also like