RMAF Kerahkan A400M Dalam perang Melawan Covid-19 di Malaysia

Jakarta, airmagz.com – Sejak awal April, Royal Malaysian AIr Force (RMAF) telah terlibat dalam serangkaian misi kemanusiaan di Malaysia dalam menghadapi pandemi global COVID-19.

RMAF mengerahkan A400M untuk mengirim pasokan medis, peralatan, dan PPE ke negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia Timur, di pulau Kalimantan.

Peralatan dan persediaan, termasuk hampir 3 juta masker wajah, disediakan oleh Kementerian Kesehatan, Dewan Keamanan Nasional, Badan Penanggulangan Bencana Nasional, dan Angkatan Pertahanan Sipil Malaysia. Kontribusi tambahan juga diterima oleh LSM, seperti Asosiasi Putera Lama Royal Military College. Pasokan medis ini, termasuk 44 unit kotak aerosol, diangkut dengan A400M kedua dan dikirim ke rumah sakit, klinik dan fasilitas kesehatan di kedua negara bagian ini.

Pemerintah Sarawak juga telah meluncurkan inisiatif pengiriman suplai makanan di seluruh negara bagian untuk memastikan penduduknya menerima pasokan makanan penting selama periode Orde Kontrol Gerakan (MCO) untuk melawan penyebaran Coronavirus. Di bawah MCO, publik diharuskan untuk tinggal di rumah dan hanya keluar untuk barang dan layanan penting.

Selama waktu ini, kendaraan transportasi yang membawa persediaan makanan telah diizinkan untuk bergerak bebas di seluruh Sarawak tanpa batasan. Namun, beberapa daerah, termasuk Bario, Telang, Usan, dan Baram, relatif terpencil, dan sulit dijangkau melalui jalan darat. Dengan demikian, helikopter RMAF H225M dikerahkan untuk mempercepat pengiriman pasokan makanan ke daerah-daerah terpencil ini.

Penerima pasokan makanan ini termasuk rumah tangga di daerah pedesaan dan perkotaan, beberapa di antaranya miskin atau mengalami kesulitan keuangan karena akibat dari MCO.

H225M RMAF akan terus mengirimkan pasokan makanan ke 13 lokasi lain di negara itu dalam empat hingga lima hari ke depan, jika cuaca memungkinkan, sementara A400M angkatan udara akan mengirimkan 3 juta masker wajah ke Sarawak, pasokan makanan penting dan suplemen medis melawan COVID -19 ke Sabah dan Sarawak dalam beberapa hari mendatang. (IH)

Share :
You might also like