Easy Jet akan Kosongkan Kursi Bagian Tengah demi Cegah Corona

Jakarta, airmagz.com – Maskapai asal Inggris, Easy Jet, terapkan kebijakan untuk mengosongkan kursi bagian tengah di seluruh armada pesawatnya. Hal ini diterapkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dilansir dari The Sun, Chief Executive EasyJet, Johan Lundgren mengatakan, keputusan ini diterapkan demi menarik kembali para wisatawan untuk traveling menggunakan pesawat terbang, terutama setelah pandemi mereda.

“Saya berharap hal itu terjadi. Ini adalah sesuatu yang akan kami lakukan, karena saya pikir itu adalah sesuatu yang diinginkan oleh pelanggan,” kata Lundgren, Jumat (17/4).

Lundgren menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan regulator penerbangan. Pihaknya akan merencanakan bagaimana cara terbaik untuk menerapkan kebijakan tersebut, terutama di periode awal tahun ini.

Mengosongkan bagian tengah pada pesawat juga bukan hal yang tidak mungkin. Sebab, Lundgren mengklaim sebagian besar armada pesawat EasyJet dikonfigurasikan dengan tiga kursi utama berturut-turut, di kedua sisi lorong. Jika hal tersebut diterapkan, penumpang yang duduk di bagian jendela dan aisle akan memiliki kursi kosong di sebelah mereka.

Selain untuk meredam penyebaran virus corona, ada alasan lain kenapa pihak maskapai ingin mengosongkan kursi bagian tengah pada pesawat. Lundgren berasumsi bahwa keterisian pesawat tidak akan kembali normal secara cepat.

“Saya berbicara tentang ini (virus corona) sebagai fase awal. Tidak ada yang tahu berapa lama fase itu,” ungkap Lundgren.

Sementara itu, Lundgren belum berspekulasi tentang dampak finansial dari langkah tersebut. Apalagi, ia mengatakan bahwa penerbangan bertarif rendah bergantung pada banyaknya jumlah penumpang.

“Saya pikir yang terpenting adalah para pelanggan memahami, bahwa kami sangat serius dalam hal keselamatan dan kesehatan para penumpang. Ini adalah salah satu krisis terburuk yang belum pernah terjadi dalam dunia penerbangan. Tapi kami benar-benar fokus untuk mengelola melalui waktu ini,” kata Lundgren. (DP)

Share :
You might also like