Embarkasi Kualanamu Berangkatkan Jemaah Haji Kloter Terakhir

Deli Serdang, Airmagz – Embarkasi Kualanamu, akhirnya melepas jemaah Haji kloter terakhirnya. Sebanyak 392 jemaah haji dari kloter 17 yang merupakan kloter jemaah haji terakhirnya, diberangkatkan dari Terminal Cargo Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, Selasa (8/9).

Jaya Tahoma Sirait, General Manager Angkasa Pura II Cabang Bandara Kualanamu, menyatakan, para jemaah haji tidak melewati pemeriksaan keamanan bandara pada umumnya tetapi langsung masuk pesawat. “Dari asrama haji, para calon jemaah diangkut menggunakan bus kemudian langsung masuk pesawat,” ujar Jaya.

Jaya menuturkan, pemberangkatan kloter Jemaah haji kali ini memiliki keunikan, pemberangkatan pesawat jamaah haji di Kualanamu diiringi dengan suara azan dari speaker yang dipasang di mobil. “Tetapi tidak ada persiapan khusus. Hanya mobil yang dipasang speaker untuk mengumandangkan azan” katanya.

Selain itu, Plt Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi, berharap, tahun depan tidak ada lagi jemaah haji yang terkendala visa. “Tahun ini ada satu orang yang terlambat berangkat karena kendala visa namun akan tetap diberangkatkan 17 September 2015,” tutur Erry.

Ia menambahkan, dengan bertambahnya jumlah jemaah haji dan waiting list asal Sumatera Utara tahun ini, menunjukkan daya ekonomi masyarakat yang semakin baik. “Tahun Ini jemaah embarkasi asal Sumatera Utara sekitar 6500 jemaah. Tahun depan kuota dari Indonesia diusahakan bertambah sekitar 20% karena renovasi Masjidil Haram selesai,” pungkas Erry.(TS)

Share :
You might also like