Kemenhub Tutup Sementara Semua Penerbangan Komersil

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Perhubungan memutuskan untuk memberhentikan sementara semua penerbangan pesawat komersil di dalam negeri, dimulai dari 24 April sampai 1 juni 2020.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan pemberhentian sementara ini berlaku untuk semua pesawat komersil baik yang berjadwal maupun pesawat carter.

“Pesawat berjadwal atau tidak berjadwal sama, artinya tidak boleh mengangkut penumpang apalagi untuk mudik,” kata Novie saat telekonferensi, Kamis (23/4).

Novie menegaskan pelarangan ini berlaku di semua wilayah, baik zona hijau, merah, dan biru. Namun, Novie mengungkapkan ada empat pengecualian penerbangan. Pertama, penerbangan yang dilakukan pimpinan atau lembaga tinggi negara Republik Indonesia dan tamu kenegaran seta perwakilan organisasi internasional.

Kedua, penerbangan khusus repatriasi pemulangan WNI maupun WNA. Ketiga adalah operasional penegakan hukum ketertiban dan pelayanan darurat untuk petugas penerbangan, dan keempat, adalah pengangkutan kargo.

Meski demikian, pelayanan navigasi dan bandar udara tetap beroperasi seperti biasanya dengan melayani pesawat yang take off dan landing.

“Operasional lainnya pun bisa dilakukan dengan seizin dari Menteri dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19,” pungkasnya. (IH)

Share :
You might also like